Pemerintahan dan Pembangunan

DP3AP2KB Sosialisasi Penceegahan Stunting di Desa Siomeda

Kabid Perlindungan Hak Anak pada DP3AP2KB Marthen J Huan beserta jajaran, dan Kepala Desa Siomeda Dominikus Manafe, foto bersama peserta sosialisasi, di aula pertemuan desa tersebut, Sabtu (09/10/2021). Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT, gencar melaksanakan sosialisasi pencegahan stunting.

Pantauan media ini, Sabtu (09/10/2021), sosialisasi dilaksanakan di Desa Siomeda, Kecamatan Rote Tengah dengan melibatkan team sosialisasi DP3AP2KB.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Hak Anak pada DP3AP2KB Marthen J Huan mengatakan, sosialisasi pencegahan stunting dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Percepatanan Penanganan Stunting yang dipimpin langsung Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu.

“Sosialisasi yang dilakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak bayi berada di dalam kandungan sampai bayi berumur dua tahun,” kata Huan.

Ia menjelaskan, sosialisasi juga sebagai upaya menekan angka stunting di sejumlah desa yang angkanya masih cukup tinggi. Sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan angka stunting bisa menurun.

Sosialisasi yang dilakukan, kata dia, menyasar kurang lebih 50 desa yang angka stunting tergolong tinggi. Di mana sehari bisa menjangkau 3 desa, yang dilaksanakan Bidang Perlindungan Anak bersama teman-teman PLKB.

Masih menurutnya, dalam rangka mencegah dan menekan angka stunting butuh keterlibatkan semua stakeholders, baik pemerintah daerah, kecamatan, desa, swasta, juga peran orangtua dan keluarga.

“Semua pihak mesti terlibat dan memiliki kesadaran yang sama, bahwa kesehatan generasi menjadi sangat penting untuk diperhatikan,” katanya.

Kepala Desa Siomeda, Kecamatan Rote Tengah, Dominikus Manafe mengatakan, permasalahan stunting menjadi suatu hal yang perlu ditangani secara cepat oleh semua pihak.

Ia menyambut baik kegiatan sosialisasi oleh Dinas DP3AP2KB Kabupaten Rote Ndao di desa tersebut. Sehingga mengingatkan kepada ibu hamil dan para remaja yanag menjadi peserta sosialisasi untuk menyerap semua materi dan menumbuhkan kesadaran yang sama karena nasib generasi di Rote diemban oleh ibu dan remaja putri.

Hadir dalam Sosialisasi tersebut, Kepala Sub Bagian dan Perencanaan dan Pelaporan pada Sekertariat DP3AP2KB Camelia Abddurahman, serta PLKB Ridho Amalo dan Thobias Bessie. (team/TS-01)