Polkam

Antispasi Musibah Tanggerang, Lapas Ba’a Lakukan Langkah Pencegahan

Kasubsi Keamanan dan Ketertiban yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana Harian (Plh) Kalapas Kelas III Ba'a Aleksander PI Mooy (kiri) mendampingi tim PLN Rayon Rote Ndao, melaksanakan pemeriksaan instalasi listrik di kantor Lapas setempat, Kamis (09/09/2021) pateng. Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Menyikapi musibah kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tanggerang, maka jajaran pegawai untuk melaksanakan langkah-langkah antisipasi dalam rangka pencegahan kebakaran.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Ba’a Daniel Saekoko, yang dikonfirmasi melalui Kasubsi Keamanan dan Ketertiban yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana Harian (Plh) Kalapas Kelas III Ba’a Aleksander PI Mooy, Kamis (09/09/2021) malam. 

Menurut Mooy, langkah pencegahan yang telah dilaksanakan berupa melakukan pengecekan instalasi listrik di lingkungan Lapas Kelas III Ba’a, berkoordinasi dengan PLN Rayon Rote Ndao, melaksanakan pemeriksaan dan penertiban instalasi listrik dan barang-barang yang dapat memicu terjadinya kebakaran di dalam blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), melakukan pengecekan di area dapur pada peralatan masak dan kompor, kesiapan alat pemadam api ringan (APAR), serta memasang nomor telpon penting/darurat pada ruang penjagaan dan kantor Lapas Kelas III Ba’a.

Dikatakan Mooy, sesuai Instruksi Sekjen Pemasyarakatan, kita harus memastikan tidak ada kerusakan pada instalasi listrik, serta tidak ada instalasi liar serta benda-benda yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada Lapas.

“Sesuai Instruksi Sekjen Pemasyarakatan dan ditindaklanjuti dengan Instruksi Kalapas Kelas II Ba’a, maka saya selaku Ketua Tim Plh Kalapas turun langsung mendampingi petugas PLN untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan pada meteran dan instalasi listrik secara menyeluruh mulai dari area kantor, blok dan kamar hunian WBP, dapur, klinik, perpustakaan, bengkel kerja, gereja, dan mushola,” katanya. 

Terpisah, Kalapas Daniel Sekoko yang sementara bertugas ke luar daerah, saat dikonfirmasi melalui saluran telepon genggamnya mengatakan, setelah mendapat instruksi dari Sekjen Pemasyarakatan, pihaknya langsung membuat instruksi kepada telah meneruskan instruksi terseebut kepada Ketua Tim Plh, dan telah dilaksanakan langkah-langkah pencegahan, agar tidak terjadi musibah seperti yang dialami Lapas Kelas 1 Tanggerang.

“Sesuai laporan yang diterima tadi sore, Tim Plh telah melakukan pemeriksaan dan pengecekan dan hasilnya meteran dan instalasi listrik di area kantor, blok dan kamar hunian WBP, dapur, klinik, perpustakaan, bengkel kerja, gereja, dan mushola, semuanya dalam kondisi baik dan aman,” ujarnya dari balik telepon.

Saekoko juga meyampaikan belasungkawa atas kejadian bencana kebakaran yang menimpa Lapas Kelas I Tanggerang.

“Kami Keluarga Besar Lapas Kelas III Baa turut berbelasungkawa atas bencana tersebut. Semoga keluarga korban diberi kekuatan dan penghiburan dari Tuhan serta seluruh jajaran Lapas diberikan kekuatan dan ketegaran dalam menghadapi bencana tersebut,” tutup Saekoko. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment