Humaniora

Pegawai dan WBP Lapas Ba’a Deteksi Dini Hepatitis B dan HIV/AIDS

Kalapas Kelas III Ba'a Daniel Saekoko diambil sampel darah saat pelaksanaan kesehatan bagi pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka Deteksi Dini Triple Eliminasi, di ruang Kunjungan Lapas Kelas III Ba'a, Jumat (27/08/2021). Foto: Dok.TS

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Ba’a didukung Pemerintah Kabupaten (Rote Ndao) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Deteksi Dini Triple Eliminasi kepada seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pemeriksaan kesehatan dalam rangka Deteksi Dini Triple Eliminasi tersebut dilaksanakan di ruang Kunjungan Lapas Kelas III Ba’a, Jumat (27/08/2021).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Ba’a Daniel Saekoko kepada wartawan menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama pihaknya dengan Pemkab Rote Ndao dalam hal ini Dinas Kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada pegawai Lapas dan WBP, yang rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dan telah dilaksanakan mulai sejak tahun 2020 lalu. 

Saekoko mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan pemeriksaan Hepatitis B dan HIV/AIDS yang telah lebih dari 1 kali kepada pegawai dan WBP Lapas Kelas III Ba’a.

“Tujuan dari pemeriksaan sebagai langkah awal dalam mengetahui serta mengantisipasi penyebaran Hepatitis B dan HIV/AIDS dalam lingkup Lapas Kelas III Ba’a,” ucapnya.

Pantauan teropongselatan.com, 8 orang petugas yang tergabung yang berasal dari Dinas Kesehatan, UPTD Puskesmas Ba’a, UPTD Puskesmas Busalangga, UPTD Puskesmas Oelaba dan UPTD Puskesmas Oele, melakukan oemeriksaan Hbsag Hepatitis B dan HIV )AIDS dengan mengambil sampel darah dari 21 pegawai dan 88 WBP Lapas Kelas III Ba’a yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Kepala Lapas Kelas Kelas III Ba’a menjadi yang pertama dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, serta mengawal langsung jalannya pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment