Humaniora

Bupati Paulina Lakukan Vaksinasi Dosis Pertama di Rumah Jabatan

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu saat disuntik vaksin Sinovac dosis pertama oleh dokter Puskesmas Batutua, di rumah jabatan bupati, Sabtu (31/07/2021) petang. Foto: Dok/TS

Ba’a, teropongselatan.com—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama setelah dinyatakan layak menerima vaksin. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di rumah jabatan (rujab) Bupati Rote Ndao, Sabtu (31/07/2021) petang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Umum Setda Rote Ndao Handryans Bessie kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Senin (02/08/2021).

Pelaksanaan vaksin terhadap Bupati Paulina dilakukan oleh tim dokter dan para medis dari Puskesmas Batutua didampingi Plt Kadis Kesehatan dr Nelly Febby Riwu, Sekretaris Dinkes Bertha Bessie, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Eden Bell, dan Kepala Puskesmas Batutua Irna Mooynafi.

Selain Bupati Paulina, kata Handryans, sejumlah pramusaji dan anggota Satpol PP yang bertugas di rujab bupati turut divaksin, setelah sebelumnya dilakukan rapid antigen dan hasilnya negatif semuanya.

Menurut Handryans, usai divaksin Bupati Paulina mengucap syukur karena vaksinasi Covid-19 yang ia jalani bersama sejumlah pramusaji dan anggota Satpol PP di lingkungan rujab berjalan lancar dan aman.

“Rencananya memang beberapa kali Ibu Bupati telah persiapkan diri untuk divaksin, namun karena ada pertimbangan medis yang diberikan oleh dokter sehingga belum bisa divaksin. Namun Puji Tuhan, setelah terakhir dilakukan pemeriksaan, beliau diperbolehkan melakukan vaksin,” kata Handryans.

Usai vaksinasi, tambah Handryans, Bupati Paulina juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut menjalani program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah menuju Herd Immunity karena setelah semuanya divaksin nantinya, masyarakat akan aman dan bisa berkegiatan maksimal, tidak lagi terlalu banyak sosial distancing, tidak banyak lagi larangan melakukan kegiatan.

Terpisah, Plt Kadis Kesehatan Rote Ndao dr Nelly Riwu menyampaikan bahwa vaksinasi yang dilakukan Bupati Rote Ndao merupakan vaksinasi tahap pertama. Selanjutnya, vaksinasi tahap kedua akan dilakukan 28 hari kedepan.

Menurutnya, hingga saat ini baru 17.000 lebih warga dari total sasaran vaksinasi di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 100.000 ribu lebih.

Dikatakan dr Nelly, pihaknya sementara menggenjot pelaksanaan vaksinasi dengan dibantu jajaran Kodim, Lanal, Polres, Kejari, serta instansi vertikal dan komponen lainnya.

“Kami berharap hingga akhir Desember ini seluruh warga yang menjadi sasaran sudah memperoleh vaksinasi dosis pertama, sehingga diharapkan pula distribusi vaksin dari Pusat tidak terhambat dan kita bisa kejar target tersebut,” katanya. (team/TS-02)