Humaniora

Kasus Covid-19 di Rote, Terbanyak Kecamatan Lobalain

Jonas M Selly. Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao

Ba’a, teropongselatan.com—Perkembangan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Rote Ndao hingga hari ini, Senin (12/07/2021), tercatat 237 kasus positif Covid-19 yang masih dalam penanganan oleh Satuan Tugas (Satgas) di tempat karantina di RSUD Ba’a, Rusun Ne’e, karantina terpusat kecamatan, dan karantina mandiri. Kasus terbanyak di Kecamatan Lobalain dengan 91 kasus yang tersebar di 13 desa/kelurahan.

Hal ini disampaikan Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Rote Ndao Jonas M Selly kepada wartawan di kantor Bupati Rote Ndao, Senin (12/07/2021) petang.

Dijelaskan Jonas, sebaran 237 kasus tersebut terdapat di 9 dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Rote Ndao. Di mana terbanyak di Kecamatan Lobalain sebanyak 91 kasus, Rote Barat Laut 38 kasus, Rote Barat Daya 37 kasus, Rote Tengah 33 kasus, Rote Barat 14 kasus, Rote Selatan 10 kasus, Pantai Baru 8 kasus, Rote Timur 5 kasus, dan Ndao Nuse 1 kasus. Sementara dua kecamatan yang belum terdeteksi adalah Kecamatan Landu Leko dan Loaholu.

Menurutnya, khusus untuk Kecamatan Lobalain Kelurahan Mokdale yang tertinggi dengan 30 orang terkonfirmasi positif, Kelurahan Metina 15 orang, Desa Sanggaoen 13 orang, Desa Helebeik 12 orang, Kelurahan Namodale 6 orang, Desa Lekunik 3 orang, Desa Loleoen 3 orang, Desa Kolobolon 2 orang, desa Holoama 2 orang, serta Desa Bebalain, Tuanatuk, dan Ba’adale masing-masing 1 orang.

Kecamatan Rote Barat Laut tersebar di Kelurahan Busalangga 8 orang, Desa Busalangga Timur 7 orang, Oetutulu 5 orang, Saindule 7 orang, dan Tualima 11 orang. Kecamatan Rote Barat Daya, Desa Batutua 13 orang, Oehandi 2 orang, Lekik 1 orang, Lentera 6 orang, Oebafok 3 orang, Oebatu 5 orang, Oebou 2 orang, Sakubatun 3 orang, dan Oeseli 2 orang. Kecamatan Rote Tengah di Kelurahan Onatali 7 orang, Desa Maubesi 10 orang, Lidabesi 9 orang, Siomeda 5 orang, dan Nggodmeda 2 orang.

Selain itu, di Kecamatan Rote Barat tersebar di Desa Mbueain 2 orang, Nemberala 5 orang, Oenggaut 3 orang, Oenitas 2 orang, dan Sedeoen 2 orang. Kecamatan Rote Selatan di Desa Pilasue 7 orang, Desa Daleholu, Lenguselu, dan Tebole masing-masing 1 orang. Kecamatan Pantai Baru di Kelurahan Olafuliha’a 5 orang, Desa Sonimanu 2 orang, dan Desa Oebau 1 orang. Kecamatan Rote Timur di Kelurahan Londalusi 2 orang dan Desa Matasio 2 orang, serta di Kecamatan Ndao Nuse hanya 1 orang di Desa Nuse.

“Dari proses penyembuhan yang dilakukan Tim Medis Satgas sejak kasus Covid-19 kembali merebak pada akhir Juni lalu, sudah 9 orang dinyatakan sembuh sementara sisanya 237 orang masih dalam penanganan di tempat-tempat karantina dan isolasi mandiri,” kata dia.

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan dan observasi masih tetap dilakukan selama 14 hari ke depan, sesuai tanggal karantina masing-masing pasien terkonfirmasi. Diharapkan dalam penanganan para pasien dapat sembuh dan tidak ada korban jiwa,” katanya. (team/TS-02)