Humaniora

Bupati Paulina Salurkan Bantuan CSR Bank NTT bagi Warga Desa Holoama dan Busalangga Barat

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu didampingi Sekda Jonas M Selly (kiri) dan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito (kanan), menyerahkan bantuan seng dan paket lauk-pauk kepada dua orang penerima dan Kepala Desa asal Desa Busalangga Barat (kedua dari kiri), di aula lantai 1 kantor Bupati Rote Ndao, Jumat (09/07/2021) petang. Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Korban bencana badai Seroja Desa Holoama, Kecamatan Lobalain dan Desa Busalangga Barat, Kecamatan Rote Barat Laut menjadi mendapat giliran pertama penyaluran bantuan CSR 1.000 lembar seng Bank NTT, usai diterima secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Kamis (08/07/2021).

Bupati Paulina menyerahkan bantuan CSR Bank NTT tersebut di aula lantai 1 kantor Bupati Rote Ndao, Jumat (09/07/2021), kepada perwakilan masyarakat penerima dari dua desa tersebut didampingi kepala desa masing-masing.

Saat penyerahan, Bupati Paulina mengatakan, sedianya penyerahan akan dilakukan dirinya langsung di desa masing-masing, namun karena kondisi Covid-19 di Rote Ndao mengalami peningkatan yang sangat tinggi beberapa terakhir, sehingga diambil kebijakan untuk mengundang kepala desa bersama dua orang penerima untuk menerima secara simbolis di kantor Bupati.

“Rencananya saya akan menyerahkan langsung di desa, tetapi kalau di sana tentunya mengundang kerumunan lagi. Sehingga, saya meninta para kepala desa bersama warga penerima datang untuk mengambil sendiri,” katanya.

Bupati Paulina juga berpesan kepada warga penerima, agar memanfaatkan seng bantuan Bank NTT ini untuk segera memperbaiki kerusakan rumah masing-masing. Sedangkan kepada warga yang tidak sempat hadir serta warga lainnya yang belum mendapat kesempatan mendapat bantuan dari mitra pemerintah daerah ini, saya tugaskan kepada kepala desa untuk memberi penjelasan kepada mereka.

“Para kepala desa yang mendapat bantuan dari mitra pemerintah daerah, harus memberikan penjelasan kepada warganya yang belum menerima bantuan untuk bersabar karena Pemerintah Pusat sedang dalam proses, dan pasti mereka juga akan mendapat bantuan serupa,” katanya.

Selain itu, kata Bupati Paulina, Pemkab Rote Ndao juga memberikan bantuan paket lauk-pauk kepada warga lanjut usia (lansia) di Desa Holoama dan Busalangga Barat, sesuai data yang diberikan pemerintah desa.

“Bantuan seng dan paket lauk-pauk ini tidak seberapa, namun kiranya dapat sedikit mengurangi beban warga terdampak Seroja dan para lansia yang tentunya sangat membutuhkan. Sehingga mohon diterima dengan sukacita,” katanya.

Terima Kasih Pemda dan Bank NTT

Anderias Fanggi, salah seorang penerima asal Desa Holoama menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT dan Pemkab Rote Ndao atas bantuan seng dan paket lauk-pauk tersebut.

Sementara Kepala Desa Holoama Melkianus Bessie juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Bank NTT dan Bupati Rote Ndao atas bantuan bagi warganya,

Menurutnya, sesuai pendataan yang dilakukan ada 6 KK yang menerima seng bantuan Bank NTT ini karena Desa Holoama dialokasikan 100 lembar untuk rumah warga yang mengalami kerusakan di bawah 15 lembar. Sementara bantuan paket lauk-pauk yang diberikan sebanyak 54 orang lansia yang terdata.

“Karena ini dalam kondisi ledakan kasus Covid-19, maka kami akan datangi satu-persatu penerima bantuan seng dan lauk-pauk untuk diserahkan,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Busalangga Barat Mikael A Lute juga menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT dan Pemkab Rote Ndao atas bantuan tersebut.

Menurutnya, sesuai hasil pendataan yang dilakukan aparat desa, ada
11 KK yang natinya menerima bantuan seng dengan kerusakan bervariasi di bawah 15 lembar. Sementara 81 orang lansia/janda/duda akan disalurkan paket lauk-pauk yang diberikan pemerintah. (team/TS-02)