Pariwisata

Bupati Apresiasi Pelaksanaan Festival Kuliner, Musik, dan Fashion 2021

Kepala Bank NTT Kantor Cabang (KC) Rote Ndao Sender Dewa Lele (kedua dari kiri) dan Kabid Bina Promosi dan Pemasaran Disbudpar Rote Ndao Bambang H Basuseno (kanan), foto bersama perwakilan pemenang pada penutupan Festival Kuliner, Musik, dan Fashion 2021, di ruang Vicon kantor Bupati Rote Ndao, Jumat (02/07/2021). Foto. Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu memberikan apresiasi atas pelaksanaan Festival Kuliner, Musik, dan Fashion yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rote Ndao.

Bupati Paulina menilai, pelaksanaan festival Virtual Hybrid di masa pandemi Covid-19 itu merupakan yang pertama kali di Rote Ndao, bahkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sehingga, kalau masih terdapat kekurangan di sana-sini itu wajar.

Ke depan, kata Bupati Paulina, Disbudpar dengan inovasi-inovasi baru diharapkan terus mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Rote Ndao dan terus membina sanggar-sanggar dan UMKM di sektor pariwisata, agar lebih meningkatkan kunjungan wisata ke Rote Ndao.

“Secara umum saya menilai pelaksanaan festival yang merupakan inovasi Disbudpar ini cukup sukses. Ke depan Disbudpar, panitia, dan event organizer perlu belajar dari daerah lain yang sukses melaksanakan event pariwisata, sekaligus menjual objek dan atraksi pariwisata Rote Ndao,” imbuhnya.

Kepala Bank NTT Kantor Cabang (KC) Rote Ndao Sender Dewa Lele sebagai salah satu sponsor Kuliner, Musik, dan Fashion 2021 menyampaikan proficiat atas pelaksanaan festival yang digelar Disbudpar Rote Ndao tersebut.

Menurutnya, Bank NTT sebagai bank milik masyarakat NTT mendukung sepenuhnya kegiatan yang bertujuan memajukan ekonomi kreatif para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bidang Pariwisata di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Rote ndao.

Dikatakan Dewa Lele, Bank NTT KC Rote Ndao dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kreatif di Rote Ndao, baru-baru ini mendorong 10 UMKM untuk ikut dalam Festival Desa Binaan Bank NTT, yang saat ini masih dalam penilaian dewan juri.

Ke-10 UMKM binaan Bank NTT tersebut, rinci Sender, yakni Sentra Tenun Ikat Fopo dan Usaha Kuliner di objek wisata Batu Termanu, di Kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah. Sentra Tenun Ikat Rolin, Sentra Tenun Ikat Bapak Suky, dan Sentra Tenun Ikat dan Kerajinan Perak Bapak Radja, di Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain. Sentra Produksi Gula Semut Rebeka, Desa Oetutulu dan Perajin Alat Musik Sasadu Citra Nusa, Kelurahan Busalangga di Kecamatan Rote Barat Laut. Sentra Produksi Susu Goreng Karena Kasih, Desa Oebafok dan Usaha Kuliner dan Penyewaan Perahu di Objek Wisata Telaga Nirwana, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, serta Sentra Tenun Ikat Ina Delha, Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat.

“Mudah-mudahan dengan dengan festival yang dilaksanakan Disbudpar dan Bank NTT di Rote Ndao ini akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19 saat ini,” katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabapaten Rote Ndao Yesy Dae Pany selaku penggagas festival ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut terlibat, seperti Digital Indonesia Felama dan tim creative serta beberapa sponsor yang terlibat di antaranya Bank NTT, Seed Resort, Anugerah Surf & Dive Resort, Dehawe Coffee Cafe, Sharon Cafe & Lounge, Jems Bridal, Warung Solo, beta Rote Tshirt, serta media partner.

24 Pemenang Pada 6 Ketegori

Ketua Panitia Rinto M Menoh menjelaskan, terdapat 24 pemenang dari 6 Kategori lomba, yakni Lomba Syair Sasandu, Lomba Fashion, Lomba Kuliner, Lomba Foto, Lomba Video, dan Lomba TikTok.

Penyerahan hadiah, kata Rinto, dilangsungkan secara simbolis secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan melalui virtual pada Jumat (02/07/2021).

Para pemenang teridiri dari: Lomba Syair Sasandu, juara 1 Yohanes Mooy, juara 2 Stefanus Kiak, juara 3 Sandy OL lily, dan juara favorit Arya G Sinlaeloe. Lomba Fashion, juara 1 Ikrima Tukijang , juara 2 Adinda PE Lian, juara 3 Stefania Bailao, dan juara favorit Yasmin RAD Wula. Lomba Kuliner, juara 1 Lice Eriani Dikoawo, juara 2 Rosiani Polly, juara 3 Agus Hartatik, dan juara favorit Yoni Yanto Nuha. Lomba Foto, juara 1 Suryati Mandala, juara 2 Myoraldo, juara 3 Paulamalo02, dan juara favorit @bendymariojr. Lomba Video, juara 1 Rivaldy Oeina, juara 2_putmdl, dan juara 3 Mardhisem, dan juara favorit @ryan_dregf_29. Lomba Kategori TikTok, juara 1 d2m_ntt, juara 2 mawarcalista, juara 3 instagracee, dan juara favorit @dedeabineno.

27 Pemenang Give Away
Perwakilan Event Organizer XPC-Digital Indonesia Felama Claudia Rambu Kareri Emu menambahkan, para pemenang mendapatkan hadiah masing-masing: Juara Lomba Syair Sasandu mendapatkan Rp 1.750.000, Rp 1.250.000 dan Rp 1.000.000. Juara Lomba Fashion Rp 2.250.000, Rp 1.500.000, dan Rp 1.000.000. Juara Lomba Kulinermasing-masing Rp 1.750.000, Rp 1.250.000, dan Rp 1.000.000. Juara Lomba Foto Rp 2.700.000, Rp 2.200.000, dan Rp 2.000.000. Juara Lomba Video Rp 3.500.000, Rp 3.400.000, dan Rp 3.300.000. Juara Lomba kategori TikTok Rp 1.500.000, Rp 1.350.000, dan Rp 1.200.000. Sementara untuk juara favorit dari setiap kategori lomba diberikan tabungan Flobamora dan Simpanan Pelajar dari Bank NTT KC Rote Ndao.

Selain, kata Claudia, terdapat 27 pemirsa yang memenangkan Give Away setelah menjawab pertanyaan melalui livestreaming pada 26 Juni dan 2 Juli. Para pemenang tersebut mendapat hadiah voucher menarik dari Seed Resort berupa Pool Access + Lunch or Dinner, Voucher Anugerah Surf & Dive Resort berupa Discover Scuba Diver, voucher dari Jem’s Bridal yakni paket Perawatan Wajah & Rambut, serta gift dari Bank NTT dan beta Rote Tshirt, voucher makan dari Dehawe Coffee Cafe, Sharon Cafe & Lounge (Rooftop), dan Warung Solo. Serta Pulsa Rp 1.000.000 untuk 10 pemenang. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment