Pemerintahan dan Pembangunan

Perayaan HUT ke-19 Rote Ndao Diperingati Secara Sederhana dan Gunakan Protokol Kesehatan

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu bersama Wakil Ketua TP-PKK Rote Ndao Lona Apdiana Saek-Ngginak dan Wakil Bupati Stefanus M Saek memotong tumpeng HUT ke-19 untuk diberikan kepada Danlanal Pualu Rote Letkol Laut (P) Anis Latif bersama istri yang akan mengakhiri tugas di Rote Ndao dan menuju tempat tugas baru di Makassar. Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rote Ndao, Jumat (02/07/2021), dilaksanakan secara sederhana menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh peserta upacara dan tamu undangan diwajibkan menjalani rapid antigen.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Komandan Upacara Yames MK Therik (Kadis PMD), Pembacaan UUD 1945 Daniel W Nalle (Kaban Keuangan dan Aset), Pembacaan Sejarah Singkat Kabupaten Rote Ndao oleh Sekda Jonas M Selly.

Bupati Paulina dalam sambutannya mengatakan, dalam perjalanan pembangunan selama 19 tahun, Pemkab Rote Ndao terus berupaya keras meningkatkan akses dan kualitas pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan infrastruktur melalui beberapa sejumlah program unggulan.

Dikatakan Bupati Paulina inovasi dan kerja keras telah dilaksanakan membuahkan hasil dan apresiasi dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi NTT, di antaranya 1) Pada tahun 2020 Rote Ndao berhasil meraih juara 1 tingkat provinsi dan sebagai kabupaten yang berhasil dalam Aksi Konvergensi Stunting tingkat Provinsi NTT. 2) Pada pertengahan tahun 2020 berhasil meraih juara 2 tingkat Nasional Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru yang Produktif dan Aman Covid-19 dalam Bidang Pariwisata. 3) Hasil penilaian Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri menempatkan Kabupaten Rote Ndao pada urutan 130 dari 415 kabupaten se-Indonesia dan urutan 1 di Provinsi NTT sebagai kabupaten dengan predikat Sangat Inovatif dan meraih Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 kategori Daerah Tertinggal Terinovatif. Inovasi dan terobosan tersebut merupakan cikal bakal dari upaya peningkatan daya saing dan kemandirian daerah. 4) Destinasi wisata Mulut Seribu telah meraih juara 2 pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler. Saat ini juga destinasi wisata Telaga Nirwana, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya telah masuk dalam nominasi API tahun 2021 dalam kategori Wisata Air, dan proses penentuannya melalui voting yang dimulai pada tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober 2021. 5) Data BPS Provinsi NTT tahun 2021 menunjukan bahwa antara tahun 2009 dan 2021, Kabupaten Rote Ndao sukses menurunkan angka kemiskinan tertinggi kabupaten/kota se-NTT. 6) Rote Ndao mengukir prestasi dalam Pencapaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2020 dari predikat C menjadi CC atau cukup baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. 7) Yang terakhir dan sebagai anugerah yang sangat luar biasa dari Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk pertama kalinya sejak pembentukan Kabupaten Rote Ndao pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2021, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

“Beberapa hasil ini tentunya merupakan kinerja yang baik dari jajaran Pemkab Rote Ndao yang menjadi pengungkit dan motivasi sekaligus hadiah istimewa pada HUT ke-19 ini. Saya menyampaikan apresiasi kepada Sekda, para Asisten, pimpinan OPD, dan seluruh ASN atas kerja yang prima ini,” kata dia.

Bupati Paulina juga berterima kasih kepada para tokoh pendiri Kabupaten Rote Ndao, para pemimpin dari masa ke masa atas segala curahan pikiran dan tenaga demi mewujudkan kesejahteraan di daerah ini.

“Apa yang telah dicapai ini kiranya dapat terus ditingkatkan melalui kerja keras dan saling bahu membahu dengan pikiran yang jernih, hati yang bersih dan tindakan yang bijak, dalam memberikan yang terbaik bagi kejayaan Nusa Lote. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberkati dan menyertai perjalanan kita ke depan,” tutupnya.

Pemberian Award SAKIP 2021

Pantauan media ini, dalam puncak perayaan HUT ke-19 itu juga diberikan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkup Pemkab Rote Ndao TA 2021 empat kategori, yakni Dinas Daerah, Badan/Kantor, Bagian, dan Kecamatan.

Untuk kategori Dinas Daerah, juara 1 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH), juara 2 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PA-P2KB), dan juara 3 Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker).
Kategori Badan/Kantor juara 1 Badan Keuangan dan Aset, juara 2 Sekretariat Dewan Pengurus Korpri, dan juara 3 Sekretariat DPRD.
Kategori Bagian, juara pertama Bagian Pemerintahan dan Kesra, juara 2 Bagian Umum, dan juara 3 Bagian Pengadaan barang/Jasa. Sedangkan kategori Kecamatan, juara 1 Kecamatan Landu Leko, juara 2 Kecamatan Pantai Baru, dan juara 3 Kecamatan Rote Timur.

Selain itu, juga diberikan bea siswa tabungan Simpel Bank NTT masing-masing Rp 500 ribu bagi 37 orang anak ASN yang berprestasi dari Dharma Wanita Pembangunan (DWP) Kabupaten Rote Ndao. (team/TS-02)