Humaniora

Adelheid Da Silva Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai Forum PRB Kabupaten Rote Ndao Periode 2021-2024

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sertda Rote Ndao Untung Harjito (tengah), Ketua Komisi A DPRD Rote Ndao Vecky M Boelan, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD NTT Richard Pelt, Perwakilan Forum PRB NTT (keempat dari kanan), dan Kalak BPBD Rote Ndao Diksel Haning (keempat dari kiri), foto bersama peserta Musda I Forum PRB Rote Ndao, di aula Graha Narwastu, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Senin (21/06/2021). Foto: Dok.TS

Adelheid da Silva resmi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) periode 2021-2024, dalam Musyawarah Daerah (Musda) I yang dihelat di aula Graha Narwastu, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Senin (21/06/2021).

Dalam agenda pemilihan yang berlangsung dalam nuansa demokratis, dipandu perwakilan Forum PRB Provinsi NTT Elfrid VT Saneh itu, Adelheid da Silva dari unsur PMI Rote Ndao secara aklamasi diusulkan para peserta untuk memimpin Forum PRB Kabupaten Rote Ndao untuk empat tahun ke depan.

Pantauan media ini, setelah pemilihan Ketua, forum Musda I juga menyepakati ketua terpilih bersama tim formatur serta tim pengarah Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD NTT Richard Pelt, perwakilan SIAP SIAGA Provinsi NTT Silvester Ndaporoka, untuk menyusun kepengurusan.

Untuk diketahui, struktur organisasi Forum PRB Kabupaten Rote Ndao yang dibentuk, yakni Dewan Kehormatan Bupati Rote Ndao, Forkopimda, dan Sekda Rote Ndao. Ketua Adelheid da Silva (PMI), Wakil Ketua I Ahmad P Kosso (MUI), Wakil Ketua II R Syaiful Kusuma (Dinas Sosial), Sekretaris Diksel Haning (BPBD), Bendahara Katarina A Hangge (BPBD). Bidang I Advokasi, Regulasi, dan Kebijakan Francklin Johannis (Victory News), Micha Sumule (HI Rote), Ridho Hambandima (CIS Timor), Taroci Theodoris (BPBD). Bidang II Pengembangan Kapasitas dan Manajemen Pengetahuan Melki Dami (Diskominfostat), Aloysius Owon (Relawan), Anderias P Papa (Kopdit Pintu Air), Devid Y Tulle (BPBD), dan Stefen Foeh (Dinas PUPR). Bidang III Pertisipasi dan Kelembagaan Kristian Lani (Bank NTT), Robby Weo (Bank BNI), Pelipus Lamara (BRI), dan Ridjon Ndoen (BPBD). Bidang IV Pengembangan Organisasi Jeskiel Nalle (BPBD), Ferdy A Dami (Dinas PKPLH), dan Folkes Panie (Dinas Pertanian).

Ketua terpilih Adelheid da Silva menyampaikan terima kasih kepada forum Musda yang telah memberikan dukungan bagi dirinya untuk menahkodai Forum PRB Rote Ndao empat tahun ke depan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BPBD Provinsi NTT, SIAP SIAGA Provinsi NTT, Forum PRB Provinsi NTT, dan BPBD Kabupaten Rote Ndao, serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya Musda I Forum PRB Rote Ndao.

Adelheid mengatakan, setelah pelantikan akan dilakukan penyempurnaan struktur dan pengurus, selanjutnya dilakukan koordinasi dan konsolidasi untuk menggandeng seluruh stakeholders kebencanaan sampai ke desa/kelurahan untuk berperan melaksanakan program kerja pengurangan risiko bencana di Kabupaten Rote Ndao.

Terpisah, Kalak BPBD Rote Ndao Diksel Haning menjelaskan, pelantikan Pengurus Forum PRB Kabupaten Rote Ndao diagendakan dilaksanakan Selasa (22/06/2021) di arena Musda oleh Wakil Bupati Rote Ndao atau pejabat yang mewakili karena saat ini pemerintah dan DPRD sementara melaksanakan persidangan. (team/TS-02)