Pariwisata

Empat Sanggar Seni Budaya Dapat Batuan Gong dan Tambur Dari Pemkab Rote Ndao

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan bantuan gong kepada salah seorang pimpinan sanggar seni budaya di ruang kerja Bupati, Kamis (17/06/2021) siang. Foto: Dok.TS

Ba’a, Teropongselatan.com—Empat sanggar seni budaya yang aktif mendukung upaya pelestarian budaya Rote, mendapat bantuan gong dan tambur dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu di dampingi Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, dan Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany, di ruang kerja Bupati Rote Ndao, Kamis (117/06/2021) siang.

Sekda Jonas Selly kepada wartawan usai penyerahan mengatakan, visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao yang telah dituangkan dalam RJPMD Kabupaten Rote Ndao 2019-2024, yakni mewujudkan masyarakat Rote Ndao yang BERtumbuh, MAkmuR, TAat dan BersahaBAT (BERMARTABAT) bertumpu pada sektor Pariwisata yang didukung sektor Pertanian dan Perikanan.

Budaya, kata Jonas, merupakan salah satu aktraksi pariwisata andalan Kabupaten Rote Ndao. Sehingga, bantuan gong kepada sanggar seni budaya ini merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian budaya dan implementasi visi-misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Empat sanggar seni budaya yang menerima bantuan ini, eksistensinya tak diragukan karena sangat aktif mendorong anak-anak, remaja, dan pemuda untuk terlibat dalam pelestarian budaya di wilayah masing-masing,” kata Jonas.

Menurutnya, perkembangan di era globalisasi yang sangat pesat saat ini, menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kebudayaan, seperti erosi nilai-nilai budaya, bahkan hilangnya budaya asli suatu daerah. Sehingga, Pemkab Rote Ndao merasa perlu untuk melestarikan budaya lokal melalui sanggar-sanggar seni budaya yang ada.

“Ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka melestarikan seni budaya Rote. Diharapkan melalui bantuan ini sanggar terus berupaya membina anak-anak, remaja, dan pemuda untuk berkreasi dan mendukung atraksi pariwisata Rote,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rote Ndao Yesy Dae Pany menjelaskan, keempat sanggar seni budaya yang mendapat bantuan, yakni Sanggar Adu Lole Kaka, Desa Busalangga Timur (Kecamatan Rote Barat Laut), Sanggar Oe Hela, Desa Sedeoen (Kecamatan Rote Barat), Sanggar Sasando Permai, Keleurahan Mokdale (Kecamatan Lobalain), dan Sanggar Sutalane, Desa Daiama (Kecamatan Landu Leko).

Yesy mengatakan, bantuan yang diberikan bagi masing-masing sanggar
berupa 1 set dan tambur Rote tersebut bersumber dari DPA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun Anggaran 2021.

Jacob S Leoh, Ketua Sanggar Sutalane, Desa Daiama, Kecamatan Landi Leko menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Rote Ndao melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah memberikan bantuan 1 set gong dan tambur Rote.

Bantuan tersebut, kata dia, akan dipergunakan untuk melatih dan membina anak-anak di Desa Daiama dalam rangka mempersiapkan atraksi pariwisata, khususnya seni dan budaya asli Rote untuk menjamu para wisatawan yang berkunjungan di objek wisata Mulut Seribu yang ada di wilayah tersebut. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment