Polkam

Brigjen Jatmiko: Ketahanan Nasional di NTT Sangat Tangguh

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko saat menyampaikan arahan pada acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021, bertempat di aula bagian belakang Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao, Selasa (15/06/2021). Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Ketahanan Nasional mulai dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahahan dan keamanan (Ipoleksosbud-hankam), di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) luar biasa dan sangat tangguh.

Hal ini disampaikan Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko, saat menghadiri acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun Anggaran 2021, bertempat di aula bagian belakang Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao, Selasa (15/06/2021).

Menurut Jenderal Bitang Satu ini, setelah lulus Akmil selama delapan tahun dirinya bertugas di Dilli, Provinsi Timor Timur (kala itu). Jika dibandingkan hampir tidak ada perbedaan antara masyarakat NTT dengan Timor Timur, di mana masyarakatnya wellcome, jujur, dan sangat bersinergis. Hanya bedanya di NTT sedikit lebih enak.

Dikatakan Brigjen Jatmiko, dari pengalaman bertugas di sejumlah wilayah di Indonesia, daerah-daerah di Provinsi NTT umumnya, khususnya di Rote Ndao Ipoleksosbudhankamnya sudah sangat tangguh.

“Coba tanya Pak Kapolres bagaimana kondisi kamtibmas pasti setuju dengan saya kalau Rote Ndao ini tangguh. Tanya Kepala BNN soal peredaran narkoba, pasti dibilang tidak ada masuk ke sini. Ini salah satu bukti dari sisi Pertahanan dan Keamanan NTT dan khususnya Rote ini sudah tangguh,” kata dia.

Hal lain sebagai bukti ketangguhan, kata Danrem Jatmiko, baru-baru ini NTT dinobatkan sebagai juara umum pariwisata Indonesia. Kalau berbicara pariwisata tentunya ada unsur SDM, jadi dapat dikatakan SDM orang NTT ini sangat luar biasa pandai. Hanya digunakan untuk daerah-daerah lain, sehingga ketahanan ekonomi NTT masih belum bagus.

“Nah, Program TMMD tahun 2021 dengan tema Sinergi Membangun Negeri, jangan hanya dijadikan slogan, akan tetapi harus disikapi dengan aksi nyata. Mari seluruh komponen masyarakat Rote menjadikan TMMD kali ini stimulus membangun ke depan yang lebih baik lagi,” imbuh Brigjen Jatmiko.

Ia mengatakan sangat respek dengan langkah Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laikodat melalui berbagai program pembangunan yang dilaksanakan. Memang tipikal Pak Gubernur itu sangat keras, tetapi niatnya tentu untuk kebaikan seluruh masyarakat.  
“Saya percaya masyarakat NTT dan Rote Ndao khususnya ingin hidup yang sejahtera, sehat, dan makmur-sentosa, sehingga bisa mengikuti atau menindaklanjuti program-program dicanangkan Pemerintah Pusat dan Provinsi demi tercapinya cita-cita bersama,” kata Danrem Jatmiko.  

Danrem Jatmiko juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Rote Ndao beserta jajaran yang sudah memberikan dukungan terselenggaranya TMMD ke-111 di Desa Lekona untuk Bersinergi Membangun Negeri di Rote Ndao, walaupun sasarannya belum bisa seluruhnya tersentuh. Namun ini menjadi cikal bakal untuk menyentuh wilayah lainnya, agar ke depan lebih baik lagi.

“Dengan TMMD kali ini mudah-mudahan kita diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa, diberkati dan diberikan yang terbaik untuk kita membangun negeri di NTT, khusunya di Rote Ndao ini,” harapnya.  (team/TS-02)