Polkam

Komsos Ajang Silahturahmi Mempertegas Komitmen Kebangsaan dan Bela Negara

Plh Danramil 1627-03/Batutua Pelda TNI Dominggus Karma foto bersama dengan para Ketua BPD, Kepala Dusun (Kadus), Kepala Urusan (Kaur), tokoh masyarakat, serta tokoh agama dari Desa Sakubatun, Dolasi, dan Batutua yang menghadiri Kegiatan Komsos, di Markas Koramil 1627-03/Batutua, Desa Sakubatun, Kecamatan Rote Barat Daya, Rabu (09/06/2021). Foto: Istimewa

Ba’a, teropongselatan.com—Jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) 1627-03/Batutua, Rabu (09/06/2021), melaksanakan silahturahmi dengan masyarakat tiga desa di Kecamatan Rote Barat Daya, yakni Desa Sakubatun, Dolasi, dan Batutua.

Silaturahmi yang dikemas dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) tersebut dilaksanakan di Markas Koramil 1627-03/Batutua, dihadiri Plh Danramil 1627-03/Batutua Pembantu Letnan Dua (Pelda) TNI Dominggus Karma, Imam Masjid Nurul Iman Batutua HB Karabi, para Ketua BPD, Kepala Dusun (Kadus), Kepala Urusan (Kaur), tokoh masyarakat, serta tokoh agama dari Desa Sakubatun, Dolasi, dan Batutua.

Plh Danramil 1627-03/Batutua Pelda TNI Dominggus Karma dalam sambutan singkat menjelaskan bahwa sama seperti tema kegiatan Komunikasi Sosial se-jajaran Kodim 1627/Rote Ndao tahun 2021, mengusung tema ‘Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

Tema ini, kata dia, walau sederhana dan biasa digunakan dalam setiap kegiatan, namun mengandung makna yang sangat dalam dan perlu terus dikumandangkan untuk menyegarkan ingatkan seluruh komponen anak bangsa dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, Tanah Air Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini memiliki potensi alam dan maritim yang elok, di tengah beragam suku, agama, RAS, dan golongan. Hal ini menjadi potensi yang perlu dijaga bersama-sama oleh semua komponen bangsa dengan jiwa dan semangat Nasionalisme.

Dikatakan Pelda Dominggus, Koramil 1627-03/Batutua merupakan kelanjutan institusi TNI-AD yang ditempatkan di wilayah kecamatan dalam rangka mempersiapkan ketahanan wilayah guna mendukung tugas tugas Mabes TNI-AD, Kodam IX/Udayana, Korem 161/Wira Sakti, dan Kodim 1627/Rote Ndao.

“Kosmos yang dilaksanakan ini merupakan ajang silahturahmi antara TNI dengan komponen masyarakat Sakubatun, Dolasi, dan Batutua, untuk mempertegas komitmen Kebangsaan dan Bela Negara,” katanya.

Usai kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi Komsos, di antaranya Kebijakan Pimpinan TNI-AD Tahun 2021 di Bidang Teritorial, Wawasan Kebangsaan, Kebhinekaan, dan Bela Negara, serta Gotong Royong sebagai Upaya Membantu Kesulitan Rakyat.

Selain itu juga, dilakukan penyerahan simbolis dari bingkisan dari Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi kepada tiga orang kepala desa. (team/TS-02)