Polkam

Kodim 1627/Rote Ndao Gelar Komunikasi Sosial Cegah-Tangkal Radikalisme dan Separatisme

Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi Eko menyampaikan sambutan dalam kegiatan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme dengan tajuk 'Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa' serta pemaparan rencana TMMD, di aula Makodim setempat, Rabu (02/06/2021). Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao kembali menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme dengan mengusung tema ‘Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Makodim setempat, Rabu (02/06/2021), menghadirkan sejumlah elemen masyarakat, di antaranya Pemuda Gereja, Remaja Masjid, Paguyuban Kontak Kerukunan Sosial Keluarga Jawa (K2S), dan sejumlah wartawan media cetak, elektronik, dan online di Kabupaten Rote Ndao.

Dalam sambutannya, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi mengatakan, Komsos yang dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi, dan tugas masing-masing dalam rangka ikut mengantisipasi dan mencegah munculnya atau masuknya paham radikalisme dan separatisme, seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat.

Dikatakan Dandim Educ, tujuan diselenggarakannya pembinaan Komsos cegah tangkal radikalisme ini dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Dari kegiatan Komsos ini diharapkan terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme dan separatisme, terbentuknya komponen bangsa yang mendukung tetap tegak dan utuhnya NKRI, terbinanya kerja sama antara TNI dengan segenap komponen masyarakat. Sehingga, sedini mungkin dapat menghindari munculnya paham radikalisme dan separatisme,” ungkapnya.

Dandim Educ Permadi juga menyampaikan bahwa mulai tanggal 15 Juni-14 Juli, jajaran Kodim 1627/Rote Ndao akan melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021, yang dipusatkan di Desa Lekona, Kecamatan Pantai Baru.

Pembinaan Teritorial

Plh Pasi Ops Kodim 1627/Rote Ndao Letda (Inf) David Imanuel Mooy dalam pemaparan mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang TNI, TNI AD memiliki kewenangan untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas dari OMSP adalah adalah fungsi Pembinaan Teritorial, yakni perbantuan TNI AD kepada pemerintah daerah (Pemda).

Menurutnya, dalam mengimplementasi pelaksanaan tugas perbantuan terhadap Pemda ini, jajaran Kodim 1627/Rote Ndao telah memainkan peran dan fungsinya dalam mendorong proses pembangunan di daerah. Salah satu kegiatan konkret adalah jajaran Kodim, Koramil, Babinsa, telah bersinergi dengan pemerintah desa membantu warga terdampak badai Seroja beberapa waktu lalu, yakni memperbaiki kerusakan rumah di sejumlah wilayah, di antaranya Kecamatan Lobalain dan Pantai Baru.

Ke depan, kata Letda David, optimalisasi akan terus dilakukan untuk maksimalkan dan melembagakan kerja sama dengan masyarakat dan institusi lainnya, terutama dengan Pemda Rote Ndao dalam rangka mendorong proses pembangunan di daerah ini. (team/TS-02)