Pemerintahan dan Pembangunan

Bupati dan Kajari Rote Ndao Tandatangani MoU Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma (ketga dari kiri), foto bersama Wakil Bupati Stefanus M Saek, Sekda Jonas M Selly, Plt Kadis Perikanan Yusuf Mesah, Kepala UPP Kelas III Ba'a Josef Bere, Kasi Datun Mart Mahendara Sebayang (kanan), dan Kabag Hukum Hanggry Mooy (kiri), usai penandatanganan MoU, di aula pertemuan kantor Kejari setempat, Selasa (25/5). Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rote Ndao I Wayan Wiradarma menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, di aula pertemuan kantor Kejari setempat, Selasa (25/5).

Bupati Paulina dalam sambutan singkatnya usai penandatanganan MoU tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma, yang telah bersedia membangun sinergisitas dengan Pemkab Rote Ndao dalam rangka pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, pendapat hukum, pendampingan hukum, audit hukum, dan tindakan hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

Menurut Bupati Pulina, MoU tersebut diharapkan menjadi acuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara Pemkab dan Kejari sesuai peran masing-masing dalam membantu serta memberikan dorongan bagi terciptanya pelayanan dan penegakan di bidang hukum, dalam rangka mendukung pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik yang lebih baik.

“Dengan kerja sama ini diharapkan seluruh OPD untuk dapat berkoordinasi dan meminta petunjuk dengan jajaran Kejari Rote Ndao apabila menemui kendala atau kurang paham terkait tahapan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan, sehingga menghindari kesalahan dan kekeliruan yang sering terjadi,” kata Bupati Paulina.

Dukung Semua Agenda Pembangunan

Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma mengatakan, sesuai fungsi berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, maka pada prinsipnya seluruh jajaran di Kejari Rote Ndao terus berupaya meningkatkan kinerja untuk kepentingan dan mendukung semua agenda pembangunan dapat terlaksana dengan baik, agar hasilnya dapat segera dapat dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, MoU yang telah ditandatangani tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman, dengan mengoptimalkan koordinasi guna lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak khususnya dalam rangka penegakan hukum di semua bidang.

“Kita optimis dan percaya jalinan kerja sama ini akan menjadi bagian terintegrasi dan mendukung terlaksananya penegakan hukum yang baik di Kabupaten Rote Ndao,” kata dia.

Wiradarma menambahkan, dibutuhkan komitmen dan keinginan yang kuat kita bersama untuk menghadirkan penegakan hukum yang baik sehingga dapat mencegah penyimpangan pada tahapan-tahapan pembangunan.

“MoU ini diharapkan tidak saja menjadi kegiatan seremonial saja, tetapi segera direalisasi dengan action kegiatan dengan dukungan data yang akurat untuk pemulihan, perlindungan, dan penyelamatan keuangan negara/daerah,” katanya. (team/TS-01)