Ekbis

10 Kelompok UKM Dapat Dana Hibah Pemberdayaan Dinas PMD

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan secara simbolis kepada salah satu dari 10 kelompok UKM penerima Dana Hibah Pemberdayaan Dinas PMD Tahun Anggaran 2021, di aula pertemuan lantai satu kantor Bupati, Senin (17/05/2021). Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Sebanyak 10 kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tersebar di empat kecamatan, yakni Lobalain, Rote Tengah, Rote Barat Daya, dan Rote Barat Laut mendapat bantuan Dana Hibah Pemberdayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rote Ndao Tahun Anggaran 2021, melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Acara penyerahan dilaksanakan oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stafanus M Saek di aula pertemuan lantai satu kantor Bupati, Senin (17/05/2021), dihadiri jajaran Dinas PMD, para camat, dan pengurus inti kelompok UKM penerima.

Dalam arahan kepada kelompok UKM Bupati Paulina mengatakan, patut disyukuri walaupun akibat pandemi Covid-19 dan bencana Badai Seroja yang mengharuskan pemerintah merefocusing anggaran untuk fokus menangani dua bencana tersebut, akan tetapi 10 kelompok UKM masih tersentuh Program Dinas PMD ini.

Dikatakan Bupati Paulina, bantuan hibah tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok dan keluarga, serta untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan UKM dalam bentuk modal usaha atau penambahan modal usaha. Sehingga, diharapkan dapat benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan usaha kelompok yang sudah berjalan.

“Setelah diterima uang ini, pergunakan dengan baik untuk pengembangan usaha. Jangan digunakan untuk pake minum mabuk atau kepentingan pribadi lainnya karena ini dana untuk kelompok. Di Rote ada banyak UKM tetapi kali ini hanya terpilih 10 kelompok, jadi harus disyukuri dengan memanfaatkan bantuan ini dengan baik,” pinta Bupati Paulina.

Kepala Dinas PMD Yames MK Therik dalam laporannya menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao memberikan Dana Hibah Pemberdayaan melalui DPA Dinas PMD Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 100.000.000.

Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Rote Ndao itu, kata dia, dibagikan untuk 10 kelompok UKM yang tersebar di empat kecamatan.

Yames merinci, 10 kelompok penerima dana hibah pemberdayaan Tahun Anggaran 2021, yakni empat kelompok di Kecamatan Lobalain, masing-masing Kelompok Natalia dan Harmoni (Kelurahan Namodale), Kelompok Cahaya Pagi (Kelurahan Metina), dan Hati Bunda (Desa Ba’adale).

Selain itu, kata Yames, tiga kelompok di Kecamatan Rote Barat Daya, yakni Oebafok Sejahtera (Desa Oebafok), Matahari Timur (Desa Oelasin), dan Telaga Nirwana (Desa Oeseli). Dua kelompok di Kecamatan Rote barat Laut, yakni Mahkota Busalangga (Kelurahan Busalangga) dan Seber Temas (Desa Temas), serta Kelompok Harapan Jaya (Desa Nggodimeda), Kecamatan Rote Tengah.

“Masing-masing kelompok mendapat bantuan hibah dana pemberdayaan sebesar Rp 10.000.000,” tutupnya. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment