Humaniora

Bupati Paulina Serahkan Bantuan Untuk Warga Pulau Nusamanuk dan Pulau Landu

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu didampingi Wakil Bupati Stefanus M Saek, menyerahkan secara simbolis bantuan tandon air kepada Kepala Dusun Nusamanuk Arfin Tunmuni di Pelabuhan Oebou, Sabtu (8/5). Foto: Dok.TS

Landu, teropongselatan.com—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu bersama Wakil Bupati Stefanus M Saek didampingi Kepala Dinas PMD Yames MK Therik dan Camat Rote Barat Daya Adi Bessie, Sabtu (8/5) menyambangi warga penghuni Pulau Nusamanuk dan Pulau Landu, guna melihat dari dekat kondisi masyarakat pasca Badai Seroja.

Pantauan media ini, di Pulau Nusamanuk, yang masuk wilayah administrasi Desa Fuafuni, Kecamatan Rote Barat Daya itu Bupati Paulina menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Pusat berupa beras, air mineral, pakaian layak pakai, dan selimut. Juga bantuan Pemkab Rote Ndao berupa tiga unit tandon air berukuran 2.200 liter untuk membantu warga Nusamanuk dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Kepada warga Pulau Nusamanuk dan Pulau Landu yang rumahnya rusak akibat badai Seroja, Bupati Paulina meminta untuk bersabar menanti bantuan pemerintah guna memperbaiki kerusakan yang dialami karena mengelola keuangan negara tidak sama dengan mengelola dana pribadi.

“Intinya pemerintah tidak tidak omong kosong. Gubernur NTT sudah dua kali memantau kondisi Rote Ndao, Menko PKM juga datang sendiri ke Rote. Semua kerusakan sudah terdata oleh pemerintah desa dan sudah diverifikasi tim Satgas provinsi maupun Pusat sesuai klasifikasi rusak berat, sedang, dan ringan. Bapa-mana perlu bersabar menunggu realisasi bantuan yang sudah dijanjikan,” kata Bupati Paulina.

Kepala Dusun Nusamanuk Arfin Tunmuni mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada Buati dan Wakil Bupati bersama rombongan yang telah memberikan bantuan kebutuhan pokok dan tiga unit tandon air untuk warga Nusamanuk.

Dengan bantuan tandon air tersebut, kata Arfin, sudah membantu mengurangi beban warga Nusamanuk yang harus mengambil air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari daratan, seperti Batutua, Dolasi, dan Fuafuni dengan menggunakan perahu.

“Kami berterima kasih kepada Ibu Bupati dan Pak Wakil karena dengan bantuan tandon ini setidaknya mengurangi beban warga yang ambil air di daratan Pulau Rote karena sudah ada wadah penampung, sehingga kami bisa mengambil air untuk kebutuhan seminggu dan tidak bolak-balik setiap satu dua hari,” katanya.

 

Bantu Seng dan Parabola

Di Pulau Landu, selain menyalurkan beras, air mineral, pakaian layak pakai, dan selimut, Bupati Paulina secara pribadi juga berjanji akan membantu 100 lembar seng untuk memperbaiki kerusakan rumah PLTS, sarana sosial seperti sekolah dan gereja yang mengalami kerusakan ringan. Sementara bagi warga Dusun Lohaen, yang terpisah dari empat dusun lainnya di Pulau Landu Bupati Paulina berjanji memberikan parabola.

“Bantuan pribadi saya nanti dikoordinasikan distribusinya dengan Kepala Desa Landu dan Kepala Dusun Lohaen. Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik,” tutup Bupati Paulina.

Wakil Bupati Stefanus M Saek mengatakan, kehadiran Bupati dan dirinya bersama camat dan OPD teknis adalah untuk memberikan dorongan moril bagi masyarakat terdampak untuk segera bangkit.

Selain itu, kata Wabup Stefanus, untuk memberikan memotivasi bahwa masyarakat tidak sendiri menghadapi kondisi ini karena pemerintah ada dan siap untuk melayani.

Kepala Desa Landu Iskandar Mesah menyampaikan terima kasih kepada Bupati Paulina yang meberikan bantuan pribadi berupa seng dan parabola dalam merespons uneg-uneg yang disampaikan warga dan tokoh masyarakat Desa Landu.

“Kehadiran Bupati bersama Wakil Bupati di Desa Landu membuktikan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat yang mengalami kesulitan akibat bencana badai Seroja,” kata dia. (team/TS-02)