Polkam

Satgas Perketat Pengawasan Pintu Keluar-Masuk Pasca Larangan Mudik

Bupati Paulina Haning-Bullu, Kapolres AKBP Felli Hermato, Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif, Ketua PN Rote Ndao Beauty DE Simatauw, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi, Kajari Rote Ndao I Wayan Wiradarma, Wakil Bupati Stefanus M Saek, serta sejumlah pajabat TNI/Polri dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Rote Ndao, foto bersama usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka-2021, di lapangan upacara Mapolres setempat, Rabu (05/05/2021) petang. Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Pemerintah Kabupaten Rote Ndao memperketat pengawasan pintu keluar-keluar dan penerapan protokol kesehatan, menindaklanjuti larangan mudik yang ditetapkan Pemerintah Pusat, dalam rangka upaya pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sekda Rote Ndao Jonas M Selly menyampaikan hal tersebut, usai mendampingi Bupati Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, bersama Forkopimda, mengikuti Rapat Kerja dengan Gubernur NTT melalui video conference dari aula lantai 1 kantor Bupati, Kamis (06/05/2021) siang.

Menurut Jonas, Bupati Rote Ndao selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, serta Surat Edaran Nomor: 550/38/HK.2.3 tentang Pelaksanaan Perjalanan dengan Transportasi Laut dan Udara dalam masa pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan, inti dari Surat Edaran tersebut adalah merupakan penegasan terkait pengendalian pelaku perjalanan (keluar-masuk orang) dan penerapan protokol kesehatan Covid-19, sebagai tindak lanjut dari larangan mudik secara nasional.

Dikatakan Jonas, selama periode mudik Lebaran tidak diperkenankan warga bepergian. Yang dikecualikan hanya pelaku perjalanan dengan keperluaan mendesak untuk kepentingan non mudik, di antaranya orang yang melakukan perjalanan dinas yang dibuktikan dengan surat tugas dari pimpinan instansi, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil untuk kepentingan persalinan didamping maksimal dua orang dan kepentingan non mudik tertentu lainnya, di mana wajib dilengkapi surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat.

Selain itu, semua pelaku perjalanan wajib memenuhi persyaratan kesehatan, yakni menunjukan surat keterangan hasil negatif test RT-PCR atau negatif Rapid Antigen.

“Dalam pengawasan dan pengendalian selama periode mudik Lebaran, Satgas menyesuaikan juga dengan intruksi dari pimpinan TNI/Polri terkait implementasi larangan mudik yang diturunkan hingga daerah,” katanya.

Untuk diketahui, Surat Edaran Bupati Rote Ndao tersebut ditujukan kepada para camat, kepala desa/penjabat kepala desa/lurah, se-Kabupaten Rote Ndao, Kepala UPBU Bandara DC Saudale, Kepala UPP Ba’a, Kepala ASDP Pantai Baru, Kepala Cabang PT Sakti Inti Makmur Kupang dan Cabang Pembantu Rote Ndao, Pimpinan PT Multi Guna Maritim Cabang Kupang dan Perwakilan Rote, serta Station Manager Wings Air Rote.

Sebelumnya, Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto dalam Apel Gelar Pasukan di Mapolres setempat, Rabu (05/05/2021) menjelaskan, dalam melaksanakan instruksi larangan mudik dan pengamanan Operasi Ketupat Ranaka-2021, pihanya mempedomani Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/949/V/Ops.2/2021. Di mana telah mendirikan Posko Pengamanan Terpadu bersama dengan Satgas Covid-19, dan stakeholder terkait.

“Polres bersama TNI, dan Pemkab menempatkan tiga Pos Pengamanan Terpadu di Jalan Pabean, Kota Ba’a, di areal Dermaga ASDP Pantai Baru, dan Bandara DC Saudale untuk melakukan pengamanan terpadu,” katanya.

Menurutnya, personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Ranaka-2021, yakni 80 personel Polri, 30 personel TNI, 15 personel Dinas Perhubungan, 15 personel Sat Pol PP, dan 10 personel Dinas Kesehatan.

“Jadi 150 personel gabungan itu nantinya akan dilibatkan pada 3 Pos Pengamanan tersebut, dan juga pada saat pengamanan shalat Idul Fitri,” tutup AKBP Felli Hermanto. (team/TS-02)

Add Comment

Click here to post a comment