Olahraga

Bupati Paulina Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka-2021 di Rote

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyematkan pita Operasi Ketupat Ranaka-2021 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021, di lapangan upacara Mapolres Rote Ndao, Rabu (5/5/21) petang. Foto: Dok.TS

Ba’a, teropongselatan.com—Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka-2021, dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021, di lapangan upacara Mapolres setempat, Rabu (5/5/21) petang.

Bertindak selaku Komandan Upacara Kaolsek Rote Selatan Ipda I Gde Putu Parwata dan Perwira Upacara Jabag Ops AKP Matheus Cono. Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakan tersebut, dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Rote Ndao, dengan perserta upacara terdiri dari satu peleton personel Kodim/1627 Rote Ndao, satu peleton personel Lanal Pulau Rote, satu peleton personel Sat Pol PP, Dinas Perubungan, serta masing-masing Satuan Fungsi se-jajaran Polres Rote Ndao.

Bupati Paulina ketika membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021, baik aspek personel, maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemerintah daerah, dan mitra Kamtibmas lainnya.

Dikatakan Bupati, jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen yang disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Bupati Paulina, pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19.

“Presiden Joko Widodo mengambil keputusan tersebut melalui berbagai pertimbangan, yakni pengalaman terjadinya trend kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93 persen setelah pelaksanaan libur Idul Fitri 1441 Hijriah pada tahun 2020,” katanya.

Peningkatan aktivitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata, serta kegiatan budaya seperti takbir keliling, dan halal bi halal. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat-2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6-17 Mei. Semangat yang ingin ditanamkan dalam Operasi Ketupat-2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan. Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan”, harapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya pengawasan ketat terhadap protokol kesehatan di daerah tujuan mudik, sentra perekonomian, dan keramaian dengan mempedomani Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/949/V/Ops.2./2021 tentang upaya mencegah terjadinya peningkatan penyebaran Covid-19, menjelang pada saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Tiga Pos dan 150 Personel
Terpisah, Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto menjelaskan, mempedomani Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/949/V/Ops.2/2021 tersebut, pihaknya mendirikan Posko Pengamanan Terpadu bersama dengan Satgas Covid-19, dan stakeholder terkait.

“Kami menempatkan tiga Pos Pengamanan Terpadu di Jalan Pabean, Kota Ba’a, di areal Dermaga ASDP Pantai Baru, dan Bandara DC Saudale.

Menurut Kapolres, personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Ranaka-2021, yakni 80 personel Polri, 30 personel TNI, 15 personel Dinas Perhubungan, 15 personel Sat Pol PP, dan 10 personel Dinas Kesehatan.

“Jadi 150 personel gabungan itu nantinya akan dilibatkan pada 3 Pos Pengamanan tersebut, dan juga pada saat pengamanan shalat Idul Fitri,” tutup Kapolres Felli Hermanto. (team/TS-01)

Add Comment

Click here to post a comment