Olahraga

Pekan Depan Dilaksanakan Uji Kompetensi JPT Pratama Lingkup Pemkab Rote Ndao 

Jonas M Selly, Sekda Rote Ndao

Ba’a, teropongselatan,com—Pekan depan Panitia Seleksi (Pansek) akan melaksanakan Uji Kompetensi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao.

Seleksi Terbuka JPT Pratama tersebut akan diikuti 15 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lulus seleksi administrasi, dan telah diumumkan pada Sabtu (24/4) lalu.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Rote Ndao Jonas M Selly kepada media ini, Selasa (27/4) petang melalui pesan WhatsApp-nya.

Jonas menjelaskan, setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk pengisian sembilan JPT Pratama yang lowong, maka pihaknya telah melaksanakan tahapan seleksi administrasi, di mana terdapat 15 orang dinyatakan lulus dan akan masuk pada tahapan seleksi berikutnya, yakni Uji Kompetensi.

Uji Kompetensi, terang Jonas, merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Pratama yang dasar hukum pelaksanaannya adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Managemen Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Kepala BKN Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil.

Dikatakan Jonas, Panitia Seleksi terdiri dari tiga orang unsur eksternal, yakni Dr David BW Pandie, Dr Frans Gana, dan Dr Yanto MP Ekon. Sementara dua orang dari internal, yakni dirinya selaku Sekda dan Asisten Administrasi Umum Yermi Haning, PhD, serta satu orang assessor dari Badan Kepegawaian Provinsi NTT.

Menurutnya, Minggu (2/5) Pansel Eksternal dan Assesor dari BKD Provinsi NTT sudah tiba, dan keesokan harinya akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Diharapkan 15 ASN yang lulus seleksi administrasi, agar menyiapkan diri untuk menhadapi Uji Kompetensi meliputi aspek teknis, manejerial, dan sosiokultural, yang dijadwalkan dilaksanakan Senin (3/5) hingga Kamis (6/5),” kata Jonas.

Ia menambahkan, sembilan JPT Pratama yang lowong di lingkup Pemkab Rote Ndao adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang), Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3A-KB), dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, yang akan lowong pada Juli mendatang karena memasuki usia pensiun. (team/TS-01)