Ponpes Berkewajiban Menjaga Persatuan dan Keamanan NKRI

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Jumat, 17 Mei 2024 - 06:56 WIB

3055 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

FOTO BERSAMA-KH Dr. H Encep Saripuddin, S, Pdi (Kepala Kemenag Kota Serang), KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten), KH. DR. Hasanudin (Pengawas Madrasah Aliah Kemenag Kota Serang), Ust. Madsuni, Lc (Mudir Ponpes Salsabila), Tenaga pengajar Ma’had Al Abqary, juga santriwati Ponpes Salsabila sebanyak 45 orang selaku audiens. (Foto Ist).

 

BANTEN – Ponpes Putri Salsabila Dalung, Kota Serang menjadi tuan rumah bagi sebuah kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten dan Kemenag Kota Serang.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seminar ini mengangkat tema “JADILAH BAGIAN PEMERSATU BANGSA, BERSAMA KITA WUJUDKAN INDONESIA EMAS 2024”, di Masjid Ponpes Salsabila, Jl. Ragayu, Kel. Dalung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk: KH Dr. H Encep Saripuddin, S, Pdi (Kepala Kemenag Kota Serang), KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten), KH. DR. Hasanudin (Pengawas Madrasah Aliah Kemenag Kota Serang), Ust. Madsuni, Lc (Mudir Ponpes Salsabila), Tenaga pengajar Ma’had Al Abqary, juga santriwati Ponpes Salsabila sebanyak 45 orang selaku audiens.

Baca Juga :   Memasuki Hari Ke Sembilan, TIM SAR Brimob Kembali Melanjutkan Pencarian Korban Tanah Longsor

Pimpinan Ponpes Salsabila dan Perwakilan Kemenag Provinsi Banten menyampaikan sambutan-sambutan awal yang memberikan apresiasi atas kegiatan ini.

Melalui keterangan publikasi Ponpes Salsabila, Kamis (16/5), Ustad Madsuni Lc, Pimpinan Ponpes Salsabila, menyampaikan materi pertama, dengan menekankan pentingnya wawasan kebangsaan dalam lingkungan pondok pesantren.

Ia juga berpesan kepada seluruh santri, agar mengikuti jalannya kegiatan dengan serius agar mendapatkan manfaat dari kegiatan seminar yang dilaksanakan, ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, KH Dr. Encep Saripuddin, S, Pdi berbicara, tentang peran pondok pesantren dalam mendidik generasi muda.

Ia juga menyoroti pentingnya pemahaman akan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta menekankan bahwa negara ini menjamin kebebasan beragama, ucapnya.

Sementara itu, KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten) menggarisbawahi, Pentingnya nilai-nilai Islam Wasathy yang diajarkan di pondok pesantren dalam menyebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Baca Juga :   Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmikan 10 Sumur Bor dan Bagikan Sembako
SEMINAR-KH Dr. H Encep Saripuddin, S, Pdi (Kepala Kemenag Kota Serang), KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten), KH. DR. Hasanudin (Pengawas Madrasah Aliah Kemenag Kota Serang), Ust. Madsuni, Lc (Mudir Ponpes Salsabila), Tenaga pengajar Ma’had Al Abqary. (Foto Ist).

Ia juga menegaskan bahwa, pendidikan di pondok pesantren mencakup ilmu agama dan ilmu umum seperti Bahasa Inggris dan cinta terhadap bangsa, jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa, selain ilmu agama, kita juga harus tetap mengetahui sejarah bangsa agar nasionalisme kita tetap terjaga. “Dorong semangat kita untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dan mari kita semua menjadi bagian dari pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045,” tegasnya.

Seminar wawasan kebangsaan tersebut bertujuan untuk membentengi satriwati di wilayah Kota Serang dari bahaya faham intoleransi dan radikalisme.

Kegiatan ini juga akan dilakukan Kemenag Kota Serang secara periodik dan berkelanjutan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada santri/santriwati dalam mempersiapkan diri sebagai generasi muda yang penuh dengan wawasan kebangsaan tentang peran mereka dalam menjaga persatuan dan keamanan NKRI. (Red).

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Deklarasi Rembuk Relawan Tegak Lurus Jokowi
BARAJP Apresiasi Pernyataam Prabowo Tentang Keringat Yang Setia Hingga Akhir
Karateka Putri dari FORKI KABUPATEN LAMONGAN Sumbang Medali Emas di SEAKF 2024
Sabet juara Tingkat Nasional berturut turut, Dandim 1016 Palangka Raya Terima Tropi Juara Kedua LKJ TMMD ke-119
UU Anti-Spionase Asing Menjadi Jaminan Keamanan Internal Negara
Diduga Korupsi Danah Hibah BUMN, Wilson Lalengke: Bubarkan PWI Peternak Koruptor
Pimpin Apel Perdana Pasca Lebaran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang Berikan Penghargaan dan Gelar Halal Bi Halal
Pembentukan Rumah Transisi Prabowo-Gibran Dinilai Penting Sebagai Jembatan

Berita Terkait

Minggu, 7 Januari 2024 - 04:12 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmikan 10 Sumur Bor dan Bagikan Sembako

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:44 WIB

The Joy of Solo Travel: Tips and Inspiration for Adventuring Alone

Berita Terbaru