Inovasi Inspiratif dan Kinerja RSUDZA Raih Top BUMD AWARDS 2024

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Rabu, 20 Maret 2024 - 18:26 WIB

3014 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banda Aceh (20/3), RSUD dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) sukses menorehkan prestasi pada ajang Top BUMD Awards 2024 sebagai Top BUMD Awards 2024 #RSUD Bintang 4 ⭐️⭐️⭐️⭐️. Penghargaan ini diterima RSUDZA pada Acara Puncak Penghargaan TOP BUMD AWARDS 2024 yang diselenggarakan di Jakarta pada Rabu (20/3/2024).

Direktur RSUD dr. Zainoel Abidin dr. Isra Firmansyah, Sp.A, PhD, FISQua mendapatkan penghargaan sebagai Top CEO BUMD dan Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, SE, M.Si sebagai Top Pembina BUMD 2024

Prestasi membanggakan ini diraih berkat kinerja positif RSUDZA dari tahun ke tahun dan beragam inovasi yang telah dilakukan, dua diantaranya yakni TAGTO dan PUTROE. Kedua inovasi ini sukses mencuri perhatian Dewan Juri yang diketuai oleh Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA. dan telah mendapat apresiasi baik ditingkat daerah maupun nasional.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terobosan dan inovasi dibidang layanan pelanggan kami memiliki 22 produk inovasi RSUDZA yang kita ikutkan ke berbagai event baik tingkat regional maupun tingkat nasional,” ungkap Wakil Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia, dr. Arifatul Khorida, MPH, saat mengikuti wawancara penjurian TOP BUMD Awards 2024 secara daring, Rabu (13/3/2024).

“Alhamdulillah salah satunya adalah inovasi Tagto, Terapi Ablasi Gondok Tanpa Operasi mendapatkan predikat Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB Tahun 2022 dan Inovasi Putroe yang berarti minum obat setiap hari untuk pasien TBC itu mendapatkan Juara 2 Open Innovation Faskes tingkat nasional tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan” lanjut dr. Arifa.

Inovasi TAGTO merupakan program layanan terapi ablasi gondok tanpa operasi, melalui inovasi tersebut, dr. Arifa menambahkan bahwa masyarakat (pasien) dapat sembuh dari penyakit gondok dengan meminimalisir rasa sakit dan efek samping yang rendah dengan pembiayaan oleh pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Sedangkan inovasi PUTROE berasal dari Bahasa Aceh Pajoh Ubat Tiep Uroe yang berarti minum obat setiap hari bagi penderita Tuberculosis (TBC), Resisten Obat berupa layanan khusus berbasis aplikasi Whatsapp. Melalui inovasi tersebut dapat memantau pasien untuk meminum obat secara rutin tanpa harus datang ke rumah sakit dan tingkat kesembuhan hingga seratus persen.

Baca Juga :   Brigjen Pol Armia Fahmi Wakapolda Aceh Hadiri Peringatan HUT Ke-76 Logistik Polri

Dalam presentasinya berjudul Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan RSUD dr. Zainoel Abidin, dr. Arifa mewakili Direktur RSUD dr Zainoel Abidin juga menjelaskan inovasi bisnis yang tak kalah menarik yakni Ketan Durian (Kendali Kegiatan Dokter Spesialis dalam Bingkai Pelayanan).

“Ini adalah contoh inovasi dan perbaikan sistem atau inovasi bisnis yang kita laksanakan. Karena RSUDZA core businessnya adalah pelayanan medis, ada salah satu inovasi kita yang namanya “Ketan Durian”. Ini merupakan salah satu kuliner khas yang sangat enak dari Aceh yang merupakan singkatan dari Kendali Kegiatan Dokter Spesialis dalam Bingkai Pelayanan,” jelasnya.

Inovasi tersebut, masih menurut Arifa merupakan upaya RSUDZA memberikan layanan terbaik melalui dokter spesialis sehingga semua pasien mendapatkan layanan pengobatan terbaik berdasarkan kebutuhan atau keluhannya.

“Perlu diketahui dokter spesialis merupakan faktor kunci pelayanan di rumah sakit sehingga kedisiplinan, kehadiran para dokter spesialis ini menjadi faktor penentu mutu sistem pelayanan kita,” kata dr. Arifa.

“Manfaat dari layanan Ketan Durian ini salah satunya sebagai bentuk monitoring dan evaluasi (monev) dari Top Manajemen untuk kegiatan pelayanan berjalan setiap hari, sebagai monev kegiatan dokter spesialis, serta untuk mengetahui dokter yang bertugas sehingga masyarakat dapat memilih kapan dan dengan siapa masyarakat akan berobat,” imbuhnya.

Kinerja BLUD Terus Tumbuh

Ragam inovasi layanan yang dimiliki RSUDZA membawa dampak terhadap peningkatan kinerja bisnis BLUD. Hal ini terbukti dari catatan yang menunjukan peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan peningkatan tersebut melebihi dari target yang ditetapkan.

“Alhamdulillah sejak tahun 2019 hingga 2023 menunjukan capaian yang terus meningkat dari tahun ke tahun. (Untuk nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Dari nilai BB menjadi A, dari skor (capaian) 76 menjadi 80,51, pada tahun 2023 RSUDZA merupakan satu-satunya SKPA yang saat ini meraih SAKIP A,” tambah dr. Arifa.

Baca Juga :   Kadinsos Aceh Terharu Saat Dengar Bacaan Al-Quran Braille Anak Disabilitas, Apresiasi Pembinaan UPTD

Ini mengindikasikan, tambah dr. Arifa bahwa RSUDZA telah mengintegrasikan seluruh sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan di rumah sakit.

Selain itu, menurut dr. Arifa Opini WTP yang diraih RSUDZA menunjukkan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

“Adapun kinerja keuangan tahun 2022 dan 2023 dilihat dari dua indikator yaitu CRR dan juga kemandirian. Dari tahun 2022 dan 2023 CRR RSUDZA menunjukan besarnya kemampuan RSUDZA dalam menutup biaya dengan penerimaannya dari retribusi pasien atau dari revenue pelayanan,” papar dr. Arifa sambil menampilkan slide capaian kinerja kepada dewan Juri.

“Grafik tersebut menunjukkan capaian CRR RSUDZA melampaui target yang menunjukkan bahwa kemampuan RS dalam menutup biaya adalah baik,” imbuhnya.

Dari sisi Kemandirian BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) yang diukur berdasar persentase kemampuan RS dalam memenuhi seluruh belanja operasional dan investasi dari pendapatan operasional. Capaian Kemandirian RS lebih dari 70% dikategorikan Mandiri. Di mana Realisasi kemandirian RSUDZA telah melampaui target. Bahkan pada Tahun 2022 RSUDZA dikategorikan sebagai BLUD MANDIRI.

Tak hanya itu, kinerja penjualan (layanan pelanggan) RSUDZA menunjukan kinerja positif yang tumbuh signifikan. “Pelanggan dari tahun 2022 hingga 2023 Alhamdulillah terus meningkat dengan persentase yang sangat baik lebih dari 100 persen. Dari target 326000 (pelanggan) di 2022 kita realisasikan menjadi 445898. Dan tahun 2023 meningkat menjadi 523572 pasien (pelanggan),” tegasnya.

Tren pendapatan RSUDZA juga menunjukan peningkatan signifikan. Tahun 2022 target sebesar Rp 476 miliar terealisasi sebesar Rp 647 miliar. Pada tahun 2023 target sebesar Rp 549 miliar menjadi (terealisasi) Rp 657 miliar.

(DL)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

FAB: Bacawalkot Irwan Djohan Dinilai Tidak Pro Rakyat
Mahasiswa KPM Lampaseh Kota Sukses Gelar Festival Anak Sholeh 2024
 Insya Allah Aset Muhammadiyah Aceh Capai Satu Trilyun pada Ramadhan 2024
T.M.Raja Jurnalis Pasee Angkat Bicara, Terkait Kepsek Diduga Lakukan Diskriminasi Pada Wartawan di Meulaboh Aceh Barat
Aminullah : Aceh Barat Perlu Hadirkan Lembaga Keuangan Mikro
Dinilai Sangat Ideal dan Presentatif, Ramai-ramai Elemen Pemuda Barsela Nyatakan Dukung Duet Mualem-Aminullah Pimpin AcehDinilai Sangat Ideal dan Presentatif, Ramai-ramai Elemen Pemuda Barsela Nyatakan Dukung Duet Mualem-Aminullah Pimpin Aceh
Ditlantas Polda Aceh beserta Jajaran Tindak Pelaku Balap Liar
Kasus Pengrusakan Kantor KONI Aceh Timur Ditarik ke Polda Aceh

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 18:21 WIB

Wujudkan Kondusifitas di Tanah Papua, Kombur Hukum Minta Penindakan secara Represif dan Humanis Terhadap kelompok OPM

Kamis, 11 April 2024 - 15:31 WIB

Open House Lebaran Kedua, Pj Gubernur Sumut Terima Kunjungan sejumlah Kepala Daerah

Minggu, 31 Maret 2024 - 16:59 WIB

Anak Wartawan Dirampok 3 Pria, Yamaha NMax Dan 2 HP Digondol 

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:14 WIB

Di Bulan Suci Ramadhan “Ini Yang Dilakukan AKBP Arie Sofandi Paloh, S.H, S.I.K Kepada Keluarga Tuna Netra Di Madina

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:03 WIB

Bukber di Warkop Jurnalis, Kapolrestabes Medan: Sinergitas Polri dan Media Harus Dirawat

Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:41 WIB

Terduga Kriminalisasi..!! Godol Dijadikan Tersangka Senpi Milik Oknum TNI, Saksi : Godol Diamankan 50 Meter Dari Senpi Yang Ditemukan

Rabu, 6 Maret 2024 - 20:43 WIB

PTPN IV Regional II Cetak Generasi Sehat Bebas Stunting

Sabtu, 2 Maret 2024 - 13:11 WIB

PW IPA SUMUT Yakini Ketua DPRD Batubara tidak akan setujui Rekomendasi Komisi III DPRD Batubara

Berita Terbaru

BANDA ACEH

FAB: Bacawalkot Irwan Djohan Dinilai Tidak Pro Rakyat

Selasa, 16 Apr 2024 - 15:42 WIB