Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan TPS, Kapolda NTB: Ini Simbol Kesiapan Personil 

RAHMAT HIDAYAT

- Pewarta

Senin, 5 Februari 2024 - 14:08 WIB

3024 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mataram NTB – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Apel Kesiapan pengamanan dan Pengecekan Logistik Tahap Pemungutan Suara Pemilu 2024 yang berlangsung di Lapangan ex Bandara Selaparang – Mataram, Senin (05/02/2024).

 

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolda NTB Irjen Pol Drs. R. Umar Faruq SH., M.Hum., dengan Komandan Apel AKBP Putu Suarbawa SH.,M.I.Kom.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Hadir pada Apel tersebut Danrem 162/WB., Pj. Gubernur NTB., Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Wakil Ketua II DPRD Provinsi NTB, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan, Ketua KPU Provinsi NTB dan Kota Mataram, Ketua Bawaslu Provinsi NTB dan Kota Mataram, para PJU Polda NTB, Kapolresta Mataram, Kabinda NTB, Para Kepala OPD Pemda NTB, serta seluruh Perwakilan Personil Polri, TNI dan Pemerintah yang terlibat dalam Pengamanan TPS Pemilu 2024.

 

Usai Apel berlangsung, dihadapan awak media Kapolda NTB Irjen Pol Drs. R. Umar Faruq SH.,M.Hum., didampingi Pj. Gubernur NTB dan anggota Forkopimda Provinsi NTB lainnya mengatakan Apel tersebut simbol kesiapan Kepolisian dari Polda NTB dalam melaksanakan pengamanan saat pemungutan suara di TPS-TPS yang tersebar di wilayah NTB.

 

Ia menjelaskan bahwa dalam pengamanan nantinya telah dipersiapkan Personil Polri dan TNI berjumlah 7.629 personil. Sedangkan Personil Kepolisian sendiri dari Polda NTB dan Polres jajaran berjumlah 7.352 Personil diantaranya Personil Polda 1.754 personil dan Personil polres/Polresta sebanyak 5.590 personil.

Baca Juga :   Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rohul, Simak Penjelasan AKBP Budi Setiyono

 

“Personil gabungan tersebut akan mengamankan seluruh TPS yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat yang berjumlah 16.244 TPS,”ucap Kapolda NTB.

 

Dari jumlah keseluruhan TPS telah dibagi menjadi tiga kategori yaitu sebanyak 15.280 TPS Kurang Rawan, 849 TPS Kategori Rawan, dan 95 TPS Kategori Rawan serta 19 TPS Khusus.

 

“Di TPS-TPS inilah seluruh personil gabungan yang telah dipersiapkan akan melakukan Pengamanan demi kelancaran pemungutan hingga perhitungan suara pada 14 Februari 2024,”jelas Kapolda NTB.

 

Tugas polri dalam pengamanan nantinya tentu berada diluar TPS untuk memantau jalannya proses yang dilaksanakan penyelenggara Pemilu. Untuk kelancaran Pemilu berlangsung tentu Profesionalitas serta integritas penyelenggara, pengawas Pemilu sangat diharapkan demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil.

 

“Kami dari Kepolisian, tugas utama adalah melakukan pengamanan, melakukan upaya antisipasi dan mencegah munculnya gangguan keamanan yang dapat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara hasil Pemilu tersebut. Kita berharap seluruh elemen masyarakat turut serta mendukung langkah Kepolisian dalam mewujudkan pemilu Damai,”tutupnya.

Baca Juga :   HPN 2024, Ini yang Dipinta Ismail Sarlata pada Pers Indonesia, Masyarakat dan Caleg di Rohil

 

Sementara itu Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengapresiasi seluruh langkah yang telah dilakukan Polda NTB dalam rangka mengamankan Pemilu 2024. Apel ini menurutnya bentuk kesiapan kepolisian dalam menjaga dan mengamankan Pemilu 2024 di wilayah NTB.

 

Ia pun mengajak semua elemen bangsa dan masyarakat pada khususnya untuk turut serta memberikan kontribusi nyata agar Pemilu 2024 di NTB dikatakan sukses terselenggara, bukan hanya aman dan lancar penyelenggaraannya tetapi sebagian besar masyarakat nya memberikan hak suara untuk memilih siapa yang cocok mewakili masyarakat menjadi wakil Rakyat baik di tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kota/ Kabupaten dan DPD pusat serta memberikan hak suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia.

 

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi NTB menyampaikan Apresiasi dan terimakasih kepada Polda NTB atas upaya ini, Pemprov NTB tentu mendukung penuh langkah yang dilakukan Polda NTB,”pungkasnya. (**)

 

Demikian dirilis Bid Humas Polda NTB untuk dapat dimuat dan atau dipublikasikan di media.

 

Kabid Humas Polda NTB

 

ttd.

 

Kombes Pol Rio Indra Lesmana,SH., SIK.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PPLHI Gelar Aksi Bersih Sampah Dukung Program Pemerintah Menjaga Kelestarian DAS Ciliwung
Aksi Sigap Kasat Lantas Polres Rohul, Maksimalkan Koordinasi, Longsor Jalinprov Riau – Sumbar KM 37 Di Rokan IV Koto Bisa Dilalui
Ketua MUI Bangka Ajak Masyarakat Ciptakan Suasana Damai Pasca Pemilu 2024
Romadi Hamid Tokoh Masyarakat, Ajak Warga Bangka Belitung Jaga Stabilitas Pasca Pemilu 2024
Walau Berbeda Partai Maju Dikancah Pileg 2024, Ini Pinta ke 3 Sosok Pers Indonesia di Riau
WhatsApp Dibajak, Ini Pesan dan Pinta H Husaimi Hamidi, SE., MH Caleg DPR RI dan Ismail Sarlata
Sukseskan Pemilu 2024, Kapolsek Kunto Darussalam Bersama Upika Cek Titik Jalan Rusak Akses Distribusi Kotak Suara Dari PPK
Beri Rasa Aman Kepada Masyarakat, Brimob Aceh Tingkatkan Patroli Wisata

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:00 WIB

Polres Simalungun Respon Laporan Warga, Kapolsek Tingkatkan Patroli Antisipasi Pencurian Besi Pembatas Jembatan Bah Bolon Perdagangan

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:19 WIB

Pra Peresmian RSUD Tuan Rondahaim Menjadi Rumah Sakit Unggulan Bupati Simalungun Tinjau Lokasi

Rabu, 7 Februari 2024 - 18:00 WIB

Polsek Perdagangan Tangani Aduan Masyarakat tentang Judi Tembak Ikan, Temuan Mengejutkan Terungkap

Senin, 5 Februari 2024 - 20:35 WIB

Jelang Pemilu 2024 Kapolres Simalungun Pimpin Apel Arahan Operasi Mantab Brata 2024

Senin, 5 Februari 2024 - 20:06 WIB

Simpang Tiga Bahapal Sinaksa Diberitakan Sarang Narkoba, Kasnob Polres Simalungun Turun Gunung Lakukan Penyelidikan

Senin, 5 Februari 2024 - 19:15 WIB

Polres Simalungun Gelar Operasi Razia Kendaraan Bermotor, Upaya Cegah Balap Liar dan Jaringan Narkoba

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:59 WIB

Kemenangan Bidkum Polda Sumut dan Seksi Hukum Polres Simalungun dalam Sidang Pra Peradilan Kasus Cabul

Selasa, 30 Januari 2024 - 16:41 WIB

Blue Light Patrol Polres Simalungun Berhasil Wujudkan Kondisi Lalulintas yang Tertib dan Aman

Berita Terbaru