Aminullah: Sosok Visioner yang Berpihak Kepada Rakyat Kecil dan UMKM

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Senin, 5 Februari 2024 - 14:11 WIB

3011 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sukses Kembangkan UMKM Banda Aceh, Naik dari 8.900 menjadi 17.300

Banda Aceh – Menyongsong Pemilihan Legislatif 2024, Aminullah Usman tampil sebagai Caleg DPR RI dapil II Aceh, membawa kiprahnya sebagai pemimpin yang mengutamakan kebutuhan rakyat kecil, UMKM, dan pemuda. Sejak menapaki karirnya dari Bank Aceh hingga menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, Aminullah telah membuktikan konsistensinya dalam melayani masyarakat.

Perjalanan Aminullah dimulai di Bank Aceh, di mana ia tidak hanya berkiprah dalam bidang keuangan tetapi juga menunjukkan kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dedikasinya terhadap kemajuan ekonomi dan sosial menjadi ciri khasnya, yang kemudian melanjutkan peran strategisnya sebagai Wali Kota Banda Aceh.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di Wali Kota Banda Aceh, Aminullah merancang dan melaksanakan berbagai program yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, terutama duafa, UMKM, dan pemuda. Prestasi gemilangnya terlihat dalam pembangunan dan rehabilitasi 800 rumah layak huni bagi duafa dan yatim, menunjukkan kepedulian nyata terhadap mereka yang membutuhkan.

Dalam sektor UMKM, Aminullah berhasil meningkatkan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di Banda Aceh dari 8.900 pada tahun 2016 menjadi 17.300 pada akhir masa jabatannya. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Aminullah terhadap pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

* Transformasi Pasar Banda Aceh oleh Aminullah Usman
Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Aminullah Usman terus berkomitmen membenahi pasar-pasar tradisional. Salah satu langkah signifikan yang diambil adalah merelokasi pedagang dari Pasar Peunayong ke Pasar Samudera di Desa Lamdingin, yang berhasil ditata dengan baik, menciptakan ekosistem ekonomi baru di kota tersebut.

Baca Juga :   Aminullah Usman Terpilih DPR RI Untungkan Masyarakat Aceh

Aminullah tidak hanya berfokus pada aspek infrastruktur, namun juga mengupayakan manajemen pengelolaan pasar yang lebih profesional. Pasar Samudera bukan hanya menjadi tempat transaksi ekonomi, melainkan juga berkontribusi positif sebagai pusat kuliner yang mendukung destinasi wisata di Banda Aceh.

Langkah-langkah tersebut diambil sebagai respons terhadap kondisi pasar lama di Peunayong yang tidak layak lagi, kumuh, dan sering menimbulkan kemacetan. Melalui inisiatif ini, Aminullah mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sambil menjadikan area Peunayong sebagai pusat kuliner yang menarik bagi wisatawan di Kota Banda Aceh.

* Program Baitul Mal Tepat Sasaran
Kepekaan Aminullah terhadap sosial tak main-main. Melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh, Aminullah memaksimalkan berbagai program yang menyentuh langsung ke masyarakat membutuhkan.

Beberapa program yang digalakkannya seperti beasiswa, rumah duafa, bantuan bagi fakir miskin dan uzur, pelatihan skill bagi pemuda yang putus sekolah dan kurang mampu serta penyerahan bantuan kepada rumah ibadah, dayah/balai pengajian, tajhiz mayat dan majelis taklim.

Memanfaatkan teknologi digital, Aminullah juga meluncurkan Aplikasi Digital “ZISWAF Baitul Mal Kota Banda Aceh” guna memudahkan masyarakat terutama para muzakki dalam menunaikan zakat dengan cara yang mudah dan efisien dan mempermudah dalam melihat para mustahiq sebagai penerima zakat dengan bantuan by name by address.

* Peduli UMKM
Kerja keras Wali Kota Banda Aceh dalam memberdayakan dan memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Banda Aceh berbuah penghargaan.

Baca Juga :   Jaga Persatuan Jelang Pemilu, Elemen Masyarakat dan Komunitas Lakukan Deklarasi

Dirinya diganjar award atas dedikasi tingginya mendorong pelaku usaha mikro terus tumbuh dan berkembang dan mendapat penghargaan dari Artline, sebuah perusahaan asal Shachihata, Jepang yang beroperasi lebih dari 100 negara di dunia dalam bidang manufacturing.

Aminullah Usman, dengan pemahaman mendalamnya terhadap kebutuhan pelaku usaha kecil, merancang strategi inovatif untuk meningkatkan akses dan pertumbuhan ekonomi. Melalui berbagai program kegiatan publik, Aminullah berupaya memberikan dukungan komprehensif bagi pelaku UMKM.

Selain itu, dengan mengoptimalkan kegiatan Car Free Day sebagai ruang publik, merajut kesepakatan dengan perusahaan sentra perbelanjaan dengan menyertakan produk umkm lokal, dan suksesnya relokasi Pasar Peunayong ke Lamdingin yang menghidupkan perekonomian warga pesisir kota, Aminullah menciptakan lingkungan yang memungkinkan pelaku UMKM tumbuh dan bersaing dengan lebih baik. Strateginya mencerminkan komitmen kuatnya untuk memajukan ekonomi lokal dan meningkatkan inklusi sosial di kalangan masyarakat kecil.

Demikian, peentingnya dukungan dan harapan dari masyarakat dapil II Aceh terhadap Aminullah menjadi pilar utama dalam perjalanan politiknya. Dukungan yang terus mengalir dari berbagai lapisan masyarakat menjadi cambuk semangat bagi Aminullah. Ia merangkul aspirasi dan keinginan rakyat Aceh, menciptakan platform yang inklusif dan responsif.

Aminullah Usman, sebagai sosok visioner yang mendengar suara rakyat, melangkah mantap untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik di tingkat nasional.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Alhamdulillah, Putra Mantan Walikota Unggul dari Pimpinan DPRK Incumbent di Dapil Kuta Alam
Rekapitulasi Suara DPD Aceh di Situs KPU Masih Sarat Masalah
Ambisi Nasdem Raih Posisi Pimpinan DPRK Banda Aceh Gagal
Terharu Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Ketua DPD PSI Banda Aceh Pangkas Botakkan Rambut sebagai Rasa Syukur
Jelang Masa Tenang, Spanduk Selamat Datang KPK dan Periksa Sekda Aceh Bertebaran di Banda Aceh
YBHA : Peran Pers Kian Penting Saat ini Dalam Mengawal Isu Anak & Perempuan
Bappilu Gerindra Aceh siapkan 20.000 pengawal suara Prabowo Griban
Aminullah Usman Terpilih DPR RI Untungkan Masyarakat Aceh

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:00 WIB

Polres Simalungun Respon Laporan Warga, Kapolsek Tingkatkan Patroli Antisipasi Pencurian Besi Pembatas Jembatan Bah Bolon Perdagangan

Sabtu, 17 Februari 2024 - 14:19 WIB

Pra Peresmian RSUD Tuan Rondahaim Menjadi Rumah Sakit Unggulan Bupati Simalungun Tinjau Lokasi

Rabu, 7 Februari 2024 - 18:00 WIB

Polsek Perdagangan Tangani Aduan Masyarakat tentang Judi Tembak Ikan, Temuan Mengejutkan Terungkap

Senin, 5 Februari 2024 - 20:35 WIB

Jelang Pemilu 2024 Kapolres Simalungun Pimpin Apel Arahan Operasi Mantab Brata 2024

Senin, 5 Februari 2024 - 20:06 WIB

Simpang Tiga Bahapal Sinaksa Diberitakan Sarang Narkoba, Kasnob Polres Simalungun Turun Gunung Lakukan Penyelidikan

Senin, 5 Februari 2024 - 19:15 WIB

Polres Simalungun Gelar Operasi Razia Kendaraan Bermotor, Upaya Cegah Balap Liar dan Jaringan Narkoba

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:59 WIB

Kemenangan Bidkum Polda Sumut dan Seksi Hukum Polres Simalungun dalam Sidang Pra Peradilan Kasus Cabul

Selasa, 30 Januari 2024 - 16:41 WIB

Blue Light Patrol Polres Simalungun Berhasil Wujudkan Kondisi Lalulintas yang Tertib dan Aman

Berita Terbaru