Mewakili Kapolda Sumut, Kapolres Simalungun hadiri Rakerwil FSBSI di Parapat

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Sabtu, 9 Desember 2023 - 10:22 WIB

3070 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Parapat, 9 Desember 2023 – Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama dengan pejabat terkait lainnya hadir langsung dalam pembukaan Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Hall Siantar Hotel Parapat, Kabupaten Simalungun, pada hari Sabtu.

Mewakili Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, S.H., S.I.K., M.Si., AKBP Ronald F.C Sipayung membuka acara yang dimulai pukul 10.00 WIB dan berlangsung hingga selesai. Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh dari Dinas Ketenagakerjaan baik provinsi maupun kabupaten, serta perwakilan dari 26 DPC se-Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta rapat kerja dan mengajak mereka untuk mendukung Pemilu 2024 yang aman dan damai, memerangi peredaran dan penggunaan narkoba di lingkungan kerja serta masyarakat luas juga mendukung pembangunan nasional serta pertumbuhan ekonomi.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, mengajak para buruh untuk secara proaktif ikut serta dalam proses pendidikan politik di kalangan teman sejawat dan keluarga, untuk memastikan bahwa mereka memahami pentingnya menggunakan hak suara mereka dengan bijak.

Beliau menekankan, “Pemilihan Umum adalah salah satu pilar demokrasi. Setiap suara Anda adalah penentu arah masa depan bangsa. Saya mengajak para buruh di seluruh Indonesia untuk tidak hanya menggunakan hak pilih Anda, tetapi juga untuk mendorong dan mendidik keluarga serta rekan yang lain tentang pentingnya pemilu, berbeda pilihan itu biasa tapi persatuan yang paling utama, untuk itu mari bersama kita mendukung pemilu 2024 yang aman dan damai.”ujar AKBP Ronald.

Kapolres mengingatkan para buruh tentang bagaimana mereka bisa berpartisipasi dalam upaya-upaya pencegahan terhadap pelanggaran pemilu, seperti intimidasi pemilih atau praktik politik uang, dengan mengatakan, “Kita semua harus aktif menjaga integritas pemilu. Laporkan segala bentuk pelanggaran pemilu yang Anda saksikan kepada pihak yang berwenang. Jangan biarkan apapun mengganggu proses demokrasi kita.

Baca Juga :   Pemilihan BPK di Kecamatan Longkip Berjalan Dinamis Dengan Semangat Keterbukaan Publik

Kita ingin Pemilu 2024 diwarnai dengan suasana kekeluargaan dan kebangsaan, dimana setiap warga negara, termasuk teman-teman buruh, dapat memberikan suara mereka tanpa tekanan atau ketakutan. Kita berharap pemilu ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang benar-benar memperjuangkan hak dan kesejahteraan rakyat, termasuk para buruh,” tambahnya.

Kapolres juga kembali mengingatkan tentang nilai-nilai luhur yang harus dipegang teguh, “Mari kita buktikan bahwa kita adalah bangsa yang dewasa dan cukup bermartabat untuk menjalankan pesta demokrasi. Pertahankan kedamaian, hormati perbedaan, dan junjung tinggi semangat persatuan. Bersama kita pastikan Pemilu 2024 menjadi catatan sejarah yang menunjukkan kedewasaan berdemokrasi yang kita miliki,”ujar AKBP Ronald.

Beliau menekankan, “Marilah kita bersama-sama mengambil peran aktif dalam memerangi narkoba. Narkoba telah menjadi musuh kita bersama, merusak masa depan generasi muda dan mengancam produktivitas serta kesehatan para pekerja. Untuk itu, saya mengajak seluruh peserta rapat untuk tidak hanya menghindari penggunaan narkoba tetapi juga aktif berpartisipasi dalam program pencegahan dan pemberantasan narkoba di tempat kerja kita.”

Kapolres juga mengingatkan, “Penggunaan narkoba, terutama dalam urusan pekerjaan, tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga mempengaruhi lingkungan kerja dan dapat menurunkan kualitas hasil kerja serta menciptakan risiko keselamatan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa tempat kerja kita bebas dari narkoba untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat.

Saya harap rapat kerja ini juga dapat menyediakan platform bagi kita untuk membahas cara-cara terbaik yang dapat diimplementasikan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja. Ini adalah pertarungan kita, dan hanya dengan kerja sama yang kuat antara serikat buruh, pemerintah, dan kepolisian, kita dapat menang melawan narkoba, “ungkap AKBP Ronald.

AKBP Ronald F.C Sipayung pun menegaskan komitmen kepolisian dalam mendukung program pemerintah untuk memberantas narkoba dan mengajak semua stakeholder, termasuk serikat buruh, untuk bergandengan tangan dalam upaya ini.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, beliau menegaskan peran penting dari organisasi buruh dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui kolaborasi dengan pemerintah.

Baca Juga :   Partai Hanura.Di Dapil 3 Kota Subulussalam, Meraih 2 Kursi Parlemen, Ini Jumlah Suaranya

Beliau mengatakan, “Organisasi buruh tidak hanya berperan dalam menyalurkan aspirasi para pekerjanya, tetapi juga memiliki peran penting dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Saya himbau organisasi buruh untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam melaksanakan program-program yang bisa meningkatkan kualitas hidup pekerja dan masyarakat pada umumnya, “himbau AKBP Ronald.

Kapolres juga dapat menambahkan bahwa upaya bersinergi ini sangat penting, khususnya dalam menghadapi tantangan transformasi industri yang membutuhkan kesiapan dari segala sektor.

Beliau mengatakan, “Kita berada di ambang era baru transformasi industrial, menuju Indonesia Emas hal ini tentunya membutuhkan inovasi dan adaptasi dari semua pihak, termasuk para buruh dan organisasi yang mewakili mereka. Saya mengimbau untuk aktif berpartisipasi dalam program-program pelatihan yang ditawarkan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, yang akan membantu meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam menghadapi industri 4.0,”ajak AKBP Ronald.

Kapolres juga menekankan pentingnya kebersamaan dan tanggung jawab sosial, “Saya ingatkan kita semua bahwa kekuatan besar muncul dari kebersamaan yang harmoni. Mari kita bangun kebersamaan yang dinamis, harmoni, dan bertanggung jawab. Sebagai bagian dari masyarakat yang besar, tugas kita adalah menghadirkan kontribusi nyata untuk pembangunan bangsa. Kesinergian antara buruh, pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat akan membawa kita pada kesuksesan dan kemajuan bersama.”ucap AKBP Ronald.

 

pungkas Kapolres Simalungun mengakhiri sambutannya.

Seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan berakhir pada pukul 12.15 WIB dalam keadaan yang aman dan kondusif. Hasil dari RAKERWIL KSBSI SUMUT 2023 diharapkan dapat membawa pengaruh positif terhadap kondisi dan kesejahteraan buruh di Provinsi Sumatera Utara serta membuka jalan bagi dialog yang lebih efektif antara buruh dan pemberi kerja di masa depan.

Pemilihan ketua dan sekretaris korwil yang baru ini juga diharapkan menjadikan KSBSI sebagai wadah yang lebih solid dalam menyampaikan aspirasi dan melindungi hak-hak buruh di wilayah Sumatera Utara.(joe)

#humas_Polres_Simalungun

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PT SPT Berikan Bantuan Beras Pada Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Sultan Daulat
KASN Rekomendasi Rotasi 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Kota Subulussalam
Pemilihan BPK di Kecamatan Longkip Berjalan Dinamis Dengan Semangat Keterbukaan Publik
Badan Permusyawaratan Kampong Lae Bersih Terpilih Secara Demokratis
PT SPT Setelah di Tuding Aktivis Lingkungan Merusak Ekosistem Akhirnya Memberi Klarifikasi atas Tuduhan Pencemaran
Menyemarakkan Demokrasi di Desa Lae Motong Saat Pemilihan Badan Permusyawaratan Kampung
BPK di Desa Sepadan Berlangsung Aktif dan Dinamis Lima Orang Terpilih BPK Secara Fair
Kunker Walikota Subulussalam di Kecamatan Longkip, Bangkitkan Semangat Kerakyatan

Berita Terkait

Minggu, 7 Januari 2024 - 04:12 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmikan 10 Sumur Bor dan Bagikan Sembako

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:44 WIB

The Joy of Solo Travel: Tips and Inspiration for Adventuring Alone

Berita Terbaru