Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pj Gubernur : Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Redaksi Medan

- Pewarta

Jumat, 8 Desember 2023 - 07:54 WIB

3051 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kendari

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dihadiri oleh Penyandang Disabilitas, yakni 138 anak – anak berkebutuhan khusus dari 82 sekolah luar biasa (SLB) se Sultra, termasuk Organisasi penyandang disabilitas seperti Pertuni dan 176 Guru bertempat di Kantor Gubernur Sultra, Jumat (08/12/23).

Tahun ini, peringatan HDI mengusung tema “Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Untuk, Dengan dan Oleh Penyandang Disabilitas”.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pada kesempatan ini, saya menghaturkan terima kasih banyak, rasa hormat dan rasa bangga saya kepada para Guru bagi anak berkebutuhan khusus atas segenap dedikasi dan pengabdian yang tak kenal lelah dalam mengajarkan Anak-Anak kita untuk terus produktif dan berkarya,” ujar Pj Gubernur.

Mendasari berbagai ketentuan seperti UU No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, UU No 39 tahun 1999 tentang Ham, termasuk juga Resolusi Majelis Umum PBB pada tahun 1992, Andap menyampaikan mengenai sejarah HDI yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 Desember.

Andap menyinggung juga bahwa sebentar lagi, yakni pada tanggal 10 Desember mendatang, kita akan memperingati hari Ham.

Baca Juga :   Diduga Ngemis Online, Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan Tuntungan

“Penyelenggaraan HDI tahun ini diselenggarakan pada tanggal 8 Desember, disamping untuk memperingati Hari Disabilitas, sekaligus kita rangkaikan juga dengan peringatan hari Ham sedunia yang akan jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang,” ucapnya.

Pada sambutannya, Andap membeberkan hak-hak penyandang disabilitas yang harus kita penuhi, seperti bebas dari stigma, memperoleh keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, politik hingga terbebas dari tindakan diskriminasi, penelantaran, penyiksaan dan ekploitasi sesuai amanat dari Undang-Undang No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Status kita sama dengan mereka saudara- saudara kita Penyandang disabilitas. Kemarin saya juga sudah koordinasi dengan KPU dan Bawaslu mengenai hak – hak politik mereka menjelang Pemilu 2024. Saya sampaikan agar penyandang disabilitas di Sultra dimasukkan dalam DPT bagi mereka yang telah memiliki e-KTP,” ungkapnya.

Pj Gubernur selanjutnya instruksikan juga kepada Kepala Perangkat Daerah terkait untuk melaksanakan langkah-langkah konkret sebagai bentuk dukungan bagi Penyandang disabilitas.

“Saya instruksikan Kepala Perangkat Daerah terkait agar segera eksekusi sesuai kompetensi bidang tugasnya masing – masing, seperti hak untuk mendapatkan pekerjaan, segera buat rancangan peraturannya. Secara aturan,sebanyak 2% untuk peluang bekerja di instansi pemerintahan, dan 1% pada sektor swasta. Tuntaskan kewajiban kita, penuhilah hak-hak penyandang disabilitas,” tegas Pj Gubernur.

Baca Juga :   Pelapor dan Saksi Kasus Dugaan Pemlasuan Tanda Tangan Kecewa Berat Sebab Sidang Ditunda

Menyambut Hari Ham Sedunia, Andap juga menyinggung soal pemenuhan hak-hak bagi para penyandang disabilitas.

“Kemarin saya cek ternyata belum ada Sarana prasarana pendukung bagi penyandang disabilitas. Saya perintahkan segera mengakomodir kebutuhannya, seperti parkir khusus bagi kendaraan, jalur khusus, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Dalam rangkaian peringatan, ditampilkan berbagai kegiatan, seperti pembacaan ayat suci Al Quran, fashion show, hiburan musik yang diisi secara mengesankan oleh anak – anak penyandang disabilitas, termasuk juga penggelaran 75 produk hasil karya mereka.

Pj Gubernur dalam kesempatannya memberikan dukungan bagi 60 pelajar penyandang disabilitas untuk mendukung kegiatan belajar.

Terakhir, Pj Gubernur mengucapkan selamat memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023 kepada seluruh Peserta kegiatan.

“Selamat memperingati HDI 2023, teriring doa dan harapan semoga Bapak, Ibu para Guru senantiasa dimudahkan, sehat selalu, lancar dalam mengasuh dan memberikan pendidikan. Saya Pj Gubernur bersama Bapak Ibu orang tua penyandang disabilitas, saya juga orang tua bagi mereka,” ujar Andap yang disambut tepuk tangan gemuruh di lokasi kegiatan.(AVID/r)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PH Heran, Tumirin Jadi Terdakwa Pemalsuan Hanya Modal Foto Kopi
Terdakwa Tumirin Bantah Palsukan dan Gunakan Surat Palsu
Rolel Harahaf Daftar Calon Walikota, Syaiful Syafri Dukung Berpasangan Dengan Ketua DPC PKB TG. Balai
Perkara Pemalsuan, Hakim Sebut Saksi yang Dihadirkan JPU Hanya ” Membuang Waktu”
PH Nilai Perkara Tumirin Dipaksakan, Hakim Diminta Membebaskannya
Syaiful Syafri ; Silaturahmi PKS KE PKB Dibahas Calon Gubsu Dan Wagubsu Untuk Kesejahteraan Umat
Tolong Ditangkap Pak Kapolda : Warga Sibolangit Dianiaya dan Diculik Oleh Puluhan Pria Berkelewang
Pakar Hukum Pidana Sumut Dr Redyanto Sidi, SH,MH Minta Polisi Dalami Keterangan Warga Yang Diminta Sebagai Saksi Godol

Berita Terkait

Minggu, 7 Januari 2024 - 04:12 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmikan 10 Sumur Bor dan Bagikan Sembako

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:44 WIB

The Joy of Solo Travel: Tips and Inspiration for Adventuring Alone

Berita Terbaru