Diseminasi Audit Stunting, Kadis P3AP2KB Gayo Lues : Memperkuat Peraturan Kampung Dapat Menciptakan Pola Pikir Baru

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:22 WIB

30204 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Kepala Dinas P3AP2KB Gayo Lues mengatakan dengan adanya regulasi di pemerintah desa saat ini, dapat menciptakan pola pikir baru pada masyarakat dengan memperkuat peraturan kampung.

Hal tersebut disampaikan ketika melakukan rapat koordinasi diseminasi audit kasus stunting di Aula Setdakab Kabupaten Gayo Lues.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Kepala SKPK, Direktur RSUD Muhammad Ali Kasim, Dokter Kandungan, Dokter Spesialis Anak, Camat, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Gayo Lues, Pengulu, Tenaga Medis serta undangan lainnya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jika resam (peraturan) kampung berjalan di seluruh kampung yang ada di Gayo Lues, saya pikir akan ada pola hidup baru, pola asuh baru dan akan ada pola pikir baru,” Jelas Kadis P3AP2KB Gayo Lues , Sartika Mayasari, SSTP.,MA ketika di wawancarai, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga :   Gegara Rohingya, Masyarakat Kecewa Terhadap PJ Bupati Gayo Lues

Tambahnya, agar kasus stunting di Gayo Lues dapat teratasi, semua pihak harus proaktif dan semua lini harus terlibat. Tidak hanya berbicara perihal rapat, namun harus ada aksi.

“Itulah mengapa harus ada kolabor-aksi yaitu berkolaborasi dan beraksi,” Lanjutnya.

Dokter Spesialis Anak, dr. Rahmawati, M.Ked (Ped), Sp. A mengatakan, seorang ibu harus diberikan pemahaman bagaimana cara pemberian makan yang benar yaitu tepat waktu, kualitas dan kuantitas yang cukup, aman, bersih dan bahan konsumsi makanan masih segar.

“Hal ini perlu diberitahukan kepada ibu-ibu muda terutama yang menikah secara dini atau ibu-ibu yang sudah terlalu tua, yang faktor resikonya besar. Kemudian cara pemberian makan yang benar dengan memenuhi asupan protein, sayuran, dan ada lemaknya,” Jelas Rahmawati.

Lanjutnya, selain pemenuhan gizi, banyak faktor yang perlu diperhatikan yaitu faktor psikologisnya dan juga ekonomi keluarga.

Baca Juga :   Alhudri Apresiasi Kinerja Jajaran Mahkamah Agung di Gayo Lues

Dokter Spesialis Kandungan, dr. Hamima Nurul Adisty, Sp. Og mengatakan, menanam tumbuhan cepat panen seperti mentimun, tomat dan sayuran di perkarangan rumah bisa menjadi salah satu solusi untuk pemenuhan gizi.

“Ternak sederhana juga bisa dilakukan, seperti membuat kolam ikan kecil atau ayam yang gampang di ternak. Bisa tumpang sari nanti, Ketika memberikan pakan pelet ke ayam, nanti kan bisa jatuh ke kolam pelet-pelet nya. Nah, yang perlu diperhatikan nanti kotoran ayamnya jangan jatuh ke kolam,” Tuturnya.

Hamima mengatakan, Gayo Lues yang dikelilingi pegunungan masih memiliki sungai yang alami. Untuk itu, perlu dijaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah ke sungai agar ikan yang ada di sungai bisa di ambil dengan kualitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat Gayo Lues. (ZUBAIDAH)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Satreskrim Polres Gayo Lues Berhasil Amankan Pelaku Pembunuhan di Sungai Aih Bobo
Jalin Silaturahmi Babinsa Desa Soyo Komunikasi Sosial Dengan Tokoh Masyarakat
Proyek Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur, Diduga Mengurangi Kualitas
Gawat, !!!. Anggaran 11 Milyar, Pengerjaan Proyek Tembok Drenase Desa Kong Hingga Kedah Kurang Volume
Unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues Tangkap Pelaku Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor
Satreskrim Polres Gayo Lues Bersama Tim TNGL Tangkap 2 (dua) Orang Pelaku Perambahan Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser
Babinsa Koramil Rikit Gaib Komsos Dengan Warga Binaan
0113/ Gayo Lues Beserta Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXVI Dim 0113 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda Dan Personel Kodim 0113/ Gayo Lues Gelar Pembagian Takjil

Berita Terkait

Jumat, 9 Februari 2024 - 12:49 WIB

Demi Kelanjutan Realisasi Tanah Mantan Kombatan, Perjuangan Korban Konflik dan JKA, PSI Pidie Ajak Masyarakat Dukung AL QUDRI untuk DPR RI

Jumat, 9 Februari 2024 - 10:28 WIB

Ribuan Masyarakat Mutiara Raya Meramaikan Silaturrahmi Isra’ Mi’raj dan Ulang Tahun Partai Gerindra: Dek Fad Ajak Pidie Bersatu Demi Kemajuan Daerah

Berita Terbaru

BANDA ACEH

FAB: Bacawalkot Irwan Djohan Dinilai Tidak Pro Rakyat

Selasa, 16 Apr 2024 - 15:42 WIB