Belmawa Gelar Pelatihan Tutor Pendidikan Khusus di USM

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Jumat, 13 Oktober 2023 - 15:34 WIB

3083 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDA ACEH | Demi menunjang fasilitas mahasiswa berkebutuhan khusus, Universitas Serambi Mekkah (USM) bekerja sama dengan Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melaksanakan Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Khusus di Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan USM (12/10/23).

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N., ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE., Koordinator Pembelajaran Belmawa Dewi Wulandari, Ketua Tim Kerja Fasilitasi Mutu Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XIII Masykur, ST., M.Pd., serta para tamu undangan.

Dr. Teuku Abdurahman dalam sambutannya, mengatakan bahwa USM merupakan kampus yang siap menerima mahasiswa berkebutuhan khusus dan juga siap memberikan fasilitas sesuai dengan mahasiswa normal.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Intinya, mari kita semua memberi perhatian, memberi motivasi kepada mereka supaya mereka juga bisa maju, supaya mereka juga bisa berkembang dan lebih lagi bisa meningkatkan mutu kualitas dan prestasi tentunya”, ujar Rektor.

Masykur, ST. M.Pd., selaku Ketua Tim Kerja Fasilitasi Mutu Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XIII Aceh, mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta kepada Universitas Serambi Mekkah yang bersedia menjadi tuan rumah dari kegiatan ini.

Baca Juga :   Dukung Prabowo - Gibran Sebagai Presiden Dan Wakil Presiden Nelayan Banda Aceh Pastikan Sekali Putaran

Lebih lanjut Masykur menyapaikan, bahwa LLDikti Wilayah XIII Aceh terus mendorong adanya beasiswa khusus bagi anak-anak disabilitas.

Koordinator Pembelajaran Belmawa, Dewi Wulandari menjelaskan pelatihan tersebut diadakan untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran kepada mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020 tentang akomodasi yang Layak untuk peserta didik penyandang disabilitas, dan Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 tentang pendidikan khusus dan layanan khusus di perguruan tinggi.

“Jadi, ada memang mahasiswa yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas). Itu juga bermacam-macam ada yang fisik misalnya tunanetra dan bawaan genetik seperti autisme. Nah ini kan memerlukan penanganan khusus,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dewi mengungkap dosen-dosen harus punya keterampilan khusus untuk menangani keberagaman mahasiswa yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas). Dengan adanya pelatihan tutor pendidikan khusus ini, mahasiswa berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) bisa merasakan perhatian yang sama dengan mahasiswa lain.

Baca Juga :   Brigjen Armia Fahmi Wakapolda Aceh Buka Latpraops Keselamatan Seulawah Tahun 2024

“Untuk itu kami melatih dosen-dosen lebih peka dan perhatian kepada mereka yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas),” ungkapnya.

Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE., yang menjadi keynote speaker pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa anak-anak normal dan anak-anak disabilitas sama-sama ciptaan Allah S.W.T. “Tentunya semua orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan ini bisa kita lihat banyak anak-anak disabilitas yang mengukir prestasi dan bahkan pemikiran anak-anak disabilitas jauh lebih suci dari anak-anak normal”, tuturnya

Selain itu Hj. Illiza menyampaikan, “Aceh merupakan daerah syariat yang tidak membeda-beda kondisi fisik, banyak Qari tuna netra asal Aceh yang berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional”, tutup Anggota Komisi X DPR-RI dari Fraksi PPP ini. (DN)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pangdam IM Bersama PJ. Gubernur Aceh Dampingi Menpora RI Tinjau Veneu PON XXI Tahun 2024
Pangdam IM Lepas Rombongan Peserta Bikers IMBI Sumatera Gathering 2024
Sudah Terima KTA, Partai Aceh Sebut Brigjenpol Armia Fahmi Wakapolda Aceh Aktif Resmi jadi Kader Usai Pensiun
Akun Palsu Mengatasnamakan Aminullah Usman di Facebook
Lembaga Lingkungan Aceh Desak BBTNGL Lakukan Penindakan Perusakan Kawasan Hutan TNGL
FAB: Bacawalkot Irwan Djohan Dinilai Tidak Pro Rakyat
Mahasiswa KPM Lampaseh Kota Sukses Gelar Festival Anak Sholeh 2024
 Insya Allah Aset Muhammadiyah Aceh Capai Satu Trilyun pada Ramadhan 2024

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 06:31 WIB

Baru beberapa Hari Dikerjakan, MCK Paud Rampung 50 Persen

Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:02 WIB

TNI dan Masyarakat Bangun Bak Penampungan Air Bersih

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:02 WIB

Hari ke Sepuluh, Pembukaan Jalan TMMD ke – 120 Kodim 0113/Gayo Lues Mecapai 50 Persen

Senin, 13 Mei 2024 - 07:45 WIB

Bukti Keseriusan Satgas TMMD dan Warga, Rehab Bale Adat Kampung Kendawi Hampir Rampung

Jumat, 10 Mei 2024 - 07:59 WIB

Tiga Hari Kerja, Perehapan PAUD KB Anada Hampir Rampung

Jumat, 10 Mei 2024 - 06:09 WIB

Pererat Sinergitas Babinsa Koramil 06/Tripe Jaya Melaksanakan Komsos Dengan Perangkat Desa

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:37 WIB

Unit Kamsel Satlantas Polres Gayo Lues Gelar Saweu Sikula Sampaikan Himbauan Tertib Berlalu Lintas dan Tidak Berkendara di Bawah Umur

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:24 WIB

TMMD Reguler ke-120 Gayo Lues Tahun 2024 Resmi Dibuka

Berita Terbaru

GAYO LUES

Baru beberapa Hari Dikerjakan, MCK Paud Rampung 50 Persen

Minggu, 19 Mei 2024 - 06:31 WIB

DAERAH

Gelar Patroli Sat Polair Berikan Himbauan Kepada Masyarakat

Minggu, 19 Mei 2024 - 06:11 WIB