Danrem 011/Lilawangsa Dampingi Pangdam IM Panen Perdana Program I’M Jagong di Aceh Utara

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Minggu, 24 September 2023 - 07:44 WIB

30200 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Utara – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapty Hertantyawan, SH mendampingi Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P melakukan panen perdana jagung dalam program I’M Jagong di wilayah Kodim 0103/Aceh Utara, tepatnya di lokasi lahan jagung Desa Ulee Geudong, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (23/2023).

Dalam sambutannya, Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P menyampaikan bahwa kegiatan panen jagung perdana tersebut merupakan progam I’M Jagong yang dicanangkan Kodam Iskandar Muda tahun 2023 dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

“Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan acara panen jagung perdana secara serentak program Iskandar Muda tahun 2023 dengan hasil panen mencapai 70 ton dengan menggunakan bibit Pioner 32 dan luas lahan 10 hektare,” katanya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan kegiatan tersebut memiliki peran penting dalam ketahanan pangan dan keberlanjutan ekonomi wilayah, misalnya peran jagung dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat serta kontribusinya dalam mendukung industri pangan dan perekonomian lokal.

Disamping itu, kata Mayjen TNI Novi, pertanian merupakan salah satu sektor penting penopang perekonomian nasional, lebih lagi ditengah kondisi perekonomian masyarakat yang belum stabil.

“Oleh sebab itu, kita masih dapat berbuat sesuatu guna membantu masyarakat agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga dan ke depan terus dikembangkan oleh petani serta pemerintah daerah agar dapat meningkatkan produksi jagung khususnya di Kabupaten Aceh Utara dan umumnya di wilayah Provinsi Aceh,”ujarnya.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menyebutkan, pemerintah saat ini sedang berbuat dan berupaya untuk mewujudkan swasembada pangan dengan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional, guna menjamin dan mengajak untuk bangsa dan negara dalam rangka mewujudkan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :   Terkait Sampah di Museum Samudera, Ini Penjelasan Pihak Panitia Expo Samudera 2023

“Yang mandiri dan berdaulat berkaitan dengan hal itu dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional tersebut di jajaran TNI khususnya Kodam Iskandar Muda sebagai salah satu komponen bangsa juga memiliki tugas dalam membantu pemerintah, termasuk di bidang ketahanan pangan nasional dengan memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif untuk dikelola menjadi lahan-lahan pertanian,”sebutnya.

Pandam IM mengungkapkan, kegiatan panen jagung perdana program I’M Jagong tersebut merupakan wujud nyata bersama pemerintah dan program Iskandar Muda bersama komponen bangsa lainnya, mengabdi kepada bangsa dan NKRI untuk mencapai cita-cita nasional menuju masyarakat adil dan makmur sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang dasar 1945.

Perwira tinggi TNI itu berharap para petani semakin semangat berperan aktif dalam mewujudkan suasana lapangan dan tentunya kesejahteraan petani juga akan semakin meningkat. Selain itu juga diharapkan kepada para petani agar terus menjalin kerjasama dengan pemerintah dan Kodam Iskandar Muda untuk meningkatkan hasil panen jagung yang lebih baik guna mensukseskan program pemerintah di bidang sosial.

“Saya berharap agar kegiatan secara serempak pada program ini betul-betul dapat membentuk perbaikan kehidupan masyarakat guna mewujudkan perekonomian yang lebih kuat dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, pada akhirnya akan tercapai mobilisasi industri nantinya,”katanya.

Sementara itu, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapty Hertantyawan, SH mengatakan bahwa keberhasilan panen perdana jagung tersebut tidak terlepas dari peran petani dan program I’M Jagong dari Kodam IM bersama pemerintah daerah.

Baca Juga :   Aminullah Usman Minta Timses dan Relawan Terus Bergerak Kejar Kemenangan 14 Februari 2024

“Saya berharap dengan adanya pertanian yang maju, maka dapat mendongkrak dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan panen perdana jagung dalam program I’M Jagong yakni Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, PJU Kodam IM, Danrem 011/LW Kol Kav Kapty Hertantyawan, Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto SH, para Dandim jajaran Rem 011/LW, Dansat Radar 321 Letkol Lek Farid Nazmi, Pj Walikota Lhokseumawe Imran, Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K, Asintel Kajati Aceh Mukzhan, Anggota DPRA Fraksi Demokrat Tantawi, Sekretaris Bapeda Aceh Alamsyah, Kabid Tanaman Pangan Distanbun Aceh Safrizal, SP. M.PA, Kepala Dinas ESDM Aceh Ir. Mahdinur, Staf Ahli Bupati Aceh Utara Ir Saifullah, Ketua MPU Aceh Utara diwakili Staf MPU Aceh Utara Tgk. Bukhari, Ketua MPU Kota Lhokseumawe Tgk H. Abu Bakar Ismail (Abati), Ketua DPRK Aceh Utara diwakili oleh Bapak Khairuddin, Rektor Unimal diwakili oleh Warek 3 Dr. Alfian, S.Hi, MA, Dirut PT. PEMA Ali Mulyagusdin, Staf Humas PAG Nasir, Staf DLHK Aceh Utara Samsul Rijal Jaipung, Tokoh Agama Aceh Utara, Ketua Kelompok gerakan petani Ulee Geudong (Garpu) Mahmudi, Para Tokoh Masyarakat Kec. Sawang, Ketua Persit PD IM Ny Lin Novi Helmy Prasetya, Ketua Persit Koorcab Rem 011 Ny Maya Kapty Hertantyawan dan Ketua Persit Cabang XX Dim 0103 Ny Dina HS Nurhono. (RED)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Bawaslu Diminta Kawal Ketat Proses Rekapitulasi Suara DPR RI di Dapil Aceh II, Jangan Sampai Suara Rakyat Tergadaikan
Indikasi Penggelembungan Suara DPR RI Rawan Terjadi di Dapil Aceh II
Ketua DPD IWO I Aceh utara / Kota Lhokseumawe Kecewa Dengan Sikap Ketua DPW IWO-I Provinsi Aceh
Projo Aceh Utara Bantu Peralatan Olahraga
Projo Aceh Utara Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Fakir Miskin
Bersama Projo, Istri Mualem Sapa Warga Menangkan Prabowo-Gibran
Ini Kata Keuchik Gampong Rawang Itek, Terkait Seorang Wanita Warganya, Diduga Lakukan Penipuan Libatkan Tukang Nikah Siri
Saifuddin Merasa Tertipu Oleh Wanita Warga Rawa Itek, Dengan Modus Pernikahan, Korban Mencari Keadilan Lewat Jalur Hukum

Berita Terkait

Minggu, 7 Januari 2024 - 04:12 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmikan 10 Sumur Bor dan Bagikan Sembako

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:44 WIB

The Joy of Solo Travel: Tips and Inspiration for Adventuring Alone

Berita Terbaru