Cegah Kebakaran Hutan, TNI-Polri dan Pemerintah Terkait Gelar Apel Siaga

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Kamis, 24 Agustus 2023 - 16:54 WIB

30102 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PATI – Tiga Pilar pimpinan di Kabupaten Pati yaitu PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di dampingi Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama dan Dandim 0718 Pati Letkol Inf Catur Irawan memimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pati. Kamis pagi (24/08/2023).

Selama acara apel gelar pasukan kesiapsiagaan Karhutla ini diikuti oleh Pleton TNI, Pleton Polresta Pati, Pleton Damkar, Pleton Pol PP, Pleton BPBD, serta pejabat utama Polresta Pati.

“Kemudian, PJ Bupati Pati mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta apel gelar pasukan Satuan Tugas (Satgas) penanganan kebakaran hutan dan lahan di Mapolresta Pati.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Henggar Budi Anggoro pun saat memberikan amanatnya menyebut bahwa tujuan apel gelar pasukan ini sebagai suatu bentuk kesiapsiagaan dari TNI-Polri dan pemerintah Kabupaten Pati beserta instansi terkait.

Baca Juga :   Penjabat Sekda Kampar Kukuhkan Ikatan Jurnalis Kampar (IJK)

Adapun relawan yang ada di Kabupaten Pati ini memang untuk mengantisipasi dan menanggulangi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.” ayo membangun komunikasi yang baik antar instansi, antar pimpinan maupun anggota.

Agar bisa mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Pati dapat berjalan aman, kondusif dan tertib”, kata PJ Bupati Pati dihadapan Awak Media.

“Untuk itu, PJ Bupati Pati menambahkan bahwa kebakaran hutan adalah tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab TNI-Polri maupun pemerintah daerah tetapi juga para relawan.

Akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat hingga ke tingkat bawah.”Saat ini wilayah Pati ada pada musim kemarau yang diprediksi akan lebih panjang, maka berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan”. imbuh Henggar.

Dalam poin penting yang disampaikan Henggar Budi diantaranya Kepada seluruh personel TNI-Polri dan para relawan dengan didukung oleh pemerintah daerah Kabupaten Pati agar mempersiapkan mental maupun fisik yang prima dengan dilandasi moral serta disiplin kerja yang tinggi.

Baca Juga :   Kapolres Lombok Utara Ajak Semua PJU Lakukan Safari Ramadhan

Sehingga, bila terjadi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Pati dapat dilaksanakan secara bersama-sama dengan cepat serta tepat dalam proses pemadaman.

Selain itu, diharapkan semua pihak mengajak semua tokoh dalam menangani Karhutla yang ada di wilayah Kabupaten Pati.” seperti tokoh agama, tokoh masyarakat untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta bagi kesehatan juga sangat berdampak meupun ekonomi masyarakat bisa terganggu”, ujar Pj. Bupati Pati.

Henggar Menegaskan Bila ada titik api sekecil apapun jangan biarkan api membesar, dan lakukan penegakan hukum bila ada yang dengan sengaja melakukan pembakaran, baik itu untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan tertentu.

Diakhir kegiatan dilaksanakan pengecekan ranmor dinas dan perlengkapan SAR oleh pejabat Bupati Pati, Kapolresta Pati, Dandim 0718 Pati dan tamu undangan”, tutup Henggar.(@Gus Kliwir)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Sat Samapta Laksanakan Patroli Malam Hari Antisipasi Kerawanan Gangguan Kamtibmas
Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Bima Patroli Rutin di Areal Dermaga Palabuhan Laut Bima
Pria Meninggal Gantung Diri, Polsek Sumbawa Bersama Tim Identifikasi Lakukan Olah TKP
Polsek Kayangan Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran
Kapolres Loteng Sumbang Puluhan Sak Semen Untuk Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Juring.
Patroli Malam Polsek Indrapura Antisipasi Kejadian 3C Dan Balap Liar
Diduga Langgar Kode Etik, LPP Lapor KPU dan Bupati Kabupaten Sambas ke DKPP
Sat Samapta Polres Bima Kota Laksanakan Patroli Dialogis

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 06:19 WIB

Halo Robotics Melawan Hama Tanaman Eukaliptus dengan Drone Pertanian DJI Agras

Senin, 15 Juli 2024 - 04:44 WIB

Setelah Deny Sumargo Jadi ‘CEO’, Lion Parcel Perkuat CRM Supaya Makin Cuan

Senin, 15 Juli 2024 - 03:18 WIB

VRITIMES Menjalin Kemitraan dengan BimantaraNews.online untuk Memperkuat Distribusi Berita di Indonesia

Senin, 15 Juli 2024 - 02:45 WIB

Tips Memilih Jasa Renovasi untuk Kantor dengan Tepat

Senin, 15 Juli 2024 - 02:27 WIB

Strategi untuk Bisnis agar Tetap Patuh terhadap Regulasi yang Berkembang di Indonesia

Senin, 15 Juli 2024 - 01:28 WIB

Perusahaan Startup/Teknologi yang Gagal di Indonesia Berhasil Bangkit Kembali dengan Strategi AI “GodFather Growth” oleh XpandEast

Minggu, 14 Juli 2024 - 23:00 WIB

KawanBantu Luncurkan Solusi Praktis bagi Siapapun untuk Membuat Platform Galang Dana Pribadi Hanya dalam Beberapa Menit!

Minggu, 14 Juli 2024 - 03:47 WIB

VRITIMES Menjalin Kemitraan Media dengan JurnalisBengkulu.com untuk Memperkuat Pemberitaan Lokal

Berita Terbaru