Turunkan Polusi Udara di Jakarta, Masyarakat Diajak Beralih ke Kendaraan Listrik

TEROPONG SELATAN

- Pewarta

Minggu, 13 Agustus 2023 - 19:20 WIB

302,725 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta  – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih kepada kendaraan listrik agar tercipta kualitas udara yang baik, khususnya di wilayah Perkotaan seperti Jakarta.

“Saya hanya mengingatkan bahwa kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen. Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi COVID-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat. Oleh karenanya kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar,” ujar Menhub pada Minggu (13/8/2023).

Dia menjelaskan, industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh Pemerintah. Untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kemenhub telah menerbitkan Permenhub (PM) No.39/2023 tentang konversi sepeda motor dengan penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baca Juga :   Exploring Bandung's Natural Wonders: From Volcanic Landscapes to Majestic Waterfall

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi. “Mengapa konversi, jadi kalau motor listrik baru itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor bbm yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak,” sebut Menhub.

Lebih lanjut ia menyarankan kepada produsen kendaraan listrik, dapat membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat. Ia juga berharap, ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau.

“Yang akan datang dengan adanya industri nikel di Indonesia, akan menjadikan ini lebih baik, dengan harga yang lebih murah,” ucap Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) Budi Setiadi menjelaskan, sebagai mitra Pemerintah pihaknya terus berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

“Kegiatan hari ini kami lakukan dalam rangka mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, mengingat polusi udara di Jakarta yang akhir-akhir ini mengkhawatirkan,” ujar Budi Setiadi.

Baca Juga :   KPI Nilai Tayangan Adzan Munculkan Bacapres Ganjar Tak Melanggar

Selain itu, pihaknya juga mendorong para pelaku industri kendaraan listrik siap untuk memproduksi sesuai kapasitas yang diperlukan. Ia pun mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah melalui berbagai kebijakan.

“Program bantuan Pemerintah yang saat ini sudah terbuka untuk masyarakat luas. Misalnya seperti: penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan operasional di kantor-kantor Pemerintah, program konversi kendaraan BBM ke listrik, menciptakan ekosistem, dan berbagai program lainnya untuk mengedukasi masyarakat agar cepat beralih kepada kendaraan listrik,” urainya.

Sebagai informasi, jumlah sepeda motor berdasarkan jumlah sertifikat uji tipe dan sertifikat registrasi uji tipe yang terbit per 10 Agustus 2023, untuk sepeda motor konversi yaitu 183 unit, dan untuk sepeda motor listrik baru yaitu 59.388 unit. (IP)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Penyerahan Hewan Kurban Idul Adha 1445 H, Jaksa Agung Tekankan Semangat Rela Berkorban Bagi Para Insan Adhyaksa
Deklarasi Rembuk Relawan Tegak Lurus Jokowi
Ponpes Berkewajiban Menjaga Persatuan dan Keamanan NKRI
BARAJP Apresiasi Pernyataam Prabowo Tentang Keringat Yang Setia Hingga Akhir
Karateka Putri dari FORKI KABUPATEN LAMONGAN Sumbang Medali Emas di SEAKF 2024
Sabet juara Tingkat Nasional berturut turut, Dandim 1016 Palangka Raya Terima Tropi Juara Kedua LKJ TMMD ke-119
UU Anti-Spionase Asing Menjadi Jaminan Keamanan Internal Negara
Diduga Korupsi Danah Hibah BUMN, Wilson Lalengke: Bubarkan PWI Peternak Koruptor

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 06:19 WIB

Halo Robotics Melawan Hama Tanaman Eukaliptus dengan Drone Pertanian DJI Agras

Senin, 15 Juli 2024 - 04:44 WIB

Setelah Deny Sumargo Jadi ‘CEO’, Lion Parcel Perkuat CRM Supaya Makin Cuan

Senin, 15 Juli 2024 - 03:18 WIB

VRITIMES Menjalin Kemitraan dengan BimantaraNews.online untuk Memperkuat Distribusi Berita di Indonesia

Senin, 15 Juli 2024 - 02:45 WIB

Tips Memilih Jasa Renovasi untuk Kantor dengan Tepat

Senin, 15 Juli 2024 - 02:27 WIB

Strategi untuk Bisnis agar Tetap Patuh terhadap Regulasi yang Berkembang di Indonesia

Senin, 15 Juli 2024 - 01:28 WIB

Perusahaan Startup/Teknologi yang Gagal di Indonesia Berhasil Bangkit Kembali dengan Strategi AI “GodFather Growth” oleh XpandEast

Minggu, 14 Juli 2024 - 23:00 WIB

KawanBantu Luncurkan Solusi Praktis bagi Siapapun untuk Membuat Platform Galang Dana Pribadi Hanya dalam Beberapa Menit!

Minggu, 14 Juli 2024 - 03:47 WIB

VRITIMES Menjalin Kemitraan Media dengan JurnalisBengkulu.com untuk Memperkuat Pemberitaan Lokal

Berita Terbaru